Kompas TV ekonomi keuangan

Kesulitan Menabung, Berikut Tips agar Tabungan Menggunung

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 21:35 WIB
kesulitan-menabung-berikut-tips-agar-tabungan-menggunung
Ilustrasi menabung. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menabung merupakan suatu upaya untuk mewujudkan berbagai rencana besar di masa depan. 

Selain menjadi fondasi untuk mencapai kekayaan, menabung juga penting untuk mencukupi berbagai kebutuhan, seperti biaya pendidikan, kepemilikan hunian, liburan, dan perjalanan ibadah. 

Meski memiliki manfaat yang besar, banyak orang menghadapi kesulitan dalam melaksanakan kegiatan menabung. 

Salah satu alasan utamanya adalah karena kenaikan pendapatan atau gaji seringkali diimbangi dengan meningkatnya pengeluaran. Hal ini dapat menyebabkan tabungan menjadi stagnan, terkuras, bahkan mengalami defisit.

Lalu, bagaimana cara agar tabungan bisa terus bertambah?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut enam tips agar tabungan anda terus bertambah.

Baca Juga: Cek 4 Cara Bayar BRIVA Virtual Account di BRI dan Bank Lain

Tentukan besaran tabungan bulanan 

Mulailah dengan menentukan besaran tabungan bulanan untuk mengembangkan kebiasaan menabung. Penting untuk memiliki disiplin dalam menentukan jumlah tabungan yang akan disisihkan setiap bulannya. Anda bisa memulainya dengan angka kecil terlebih dahulu.

Simpan tabungan di rekening yang berbeda

Penting untuk memisahkan pendapatan menjadi beberapa pos, salah satunya adalah tabungan. Hindari menggabungkan tabungan dengan pos-pos pengeluaran lain, terutama yang terkait dengan kebutuhan harian. Buka rekening khusus untuk menyimpan tabungan Anda.

Aktifkan fitur menabung otomatis 

Anda dapat mengaktifkan fitur menabung otomatis pada bank yang digunakan. Dengan ini, Anda bisa menentukan jumlah tabungan bulanan yang akan secara otomatis dipotong dari saldo Anda.

Buat target dalam menabung 

Tentukan target tabungan yang ingin dicapai dan berusaha keras untuk mencapainya. Disiplin dalam menabung akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: Harga Semakin Mahal, Berikut Tips Menabung agar Bisa Membeli Rumah

Pertimbangkan bentuk aset untuk menabung

Saat ini, ada banyak alternatif untuk menabung guna masa depan. Anda bisa menyimpan tabungan dalam bentuk emas atau logam mulia, mengunci dalam deposito, atau berinvestasi dalam surat berharga negara.

Buat evaluasi tabungan 

Laporan evaluasi tabungan membantu Anda menilai apakah besaran tabungan bulanan perlu ditingkatkan atau dipertahankan. Tetapkan strategi yang tepat berdasarkan evaluasi tersebut.

Dengan mengikuti tips menabung dari OJK, Anda bisa memulai mengembangkan kebiasaan menabung dari sekarang untuk mencapai tujuan keuangan Anda di masa depan.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x