Kompas TV ekonomi properti

Harga Semakin Mahal, Berikut Tips Menabung agar Bisa Membeli Rumah

Kompas.tv - 23 Juli 2023, 08:20 WIB
harga-semakin-mahal-berikut-tips-menabung-agar-bisa-membeli-rumah
Ilustrasi rumah. Berikut tips menabung agar bisa membeli rumah di tengah harganya yang semakin mahal. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mempunyai impian untuk memiliki rumah sendiri adalah hal yang luar biasa dan diinginkan semua orang. Berikut tips menabung agar Anda bisa membeli rumah di tengah harganya yang semakin mahal.

Untuk mewujudkan pembelian rumah impian memang tak mudah. Perlu rencana keuangan yang baik, termasuk kemampuan menabung dengan bijak. Menabung secara efektif merupakan kunci untuk mencapai tujuan ini.

Dilansir dari Wint Wealth, berikut adalah beberapa tips dan strategi yang dapat membantu Anda menabung dengan lebih efisien agar dapat membeli rumah impian. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, akan semakin dekat untuk mewujudkan mimpi memiliki hunian yang ingin Anda idam-idamkan.

Tips Menabung untuk Membeli Rumah

1. Membuat Anggaran

Langkah pertama dan utama dalam perjalanan menabung Anda haruslah membuat anggaran. Anda perlu menganalisis pendapatan dan pengeluaran serta menghitung berapa banyak uang yang dihabiskan.

Ini juga akan membantu mengidentifikasi pengeluaran yang penting dan tidak penting. Melalui analisis ini, Anda dapat mengurangi pengeluaran dan menciptakan anggaran yang realistis untuk diri sendiri, sehingga dapat membantu Anda menabung cukup uang untuk membeli rumah.

Baca Juga: Burnout Bisa Sebabkan Kematian, Berikut 4 Tips Menghindarinya

2. Mulai Berinvestasi Sejak Dini

Menggapai mimpi membutuhkan waktu dan usaha untuk mewujudkannya. Jadi, jika Anda bermimpi memiliki rumah sendiri dan khawatir tentang cara menabung untuk membeli rumah, maka Anda perlu memberikan waktu dan mengambil langkah konkret untuk mewujudkannya.

Anda perlu mulai berinvestasi. Misalnya, Anda dapat memulai dengan investasi kecil dalam Deposito, Reksa Dana, dan Obligasi, sehingga saat tiba waktunya untuk membeli rumah sendiri, keputusan tersebut tidak terlihat menakutkan. 

Jika Anda mulai berinvestasi sejak dini, mengumpulkan jumlah uang dalam jumlah besar akan menjadi proses yang bertahap daripada membebani. 

Selain itu, tetap berinvestasi untuk waktu yang lebih lama juga akan memberikan manfaat dari efek bunga majemuk.

3. Miliki Portofolio Investasi yang Diversifikasi

Cara lain untuk menabung uang untuk rumah Anda adalah dengan mendiversifikasi (sebaran) portofolio investasi Anda. 

Anda harus berinvestasi dalam berbagai instrumen keuangan tergantung pada pendapatan Anda. Anda dapat dengan mudah berinvestasi sebagian dari pendapatan bulanan Anda dalam reksa dana dengan bantuan SIP (sistem investasi rutin).

Anda juga dapat berinvestasi dalam emas digital atau pasar saham berdasarkan tingkat risiko keuangan. Mendiversifikasi portofolio akan mengurangi risiko dan meningkatkan keuntungan Anda. 



Sumber : Wint Wealth


BERITA LAINNYA



Close Ads x