Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Profil Rosan Roeslani, Eks Ketua Kadin dan Dubes AS yang Dilantik Jokowi Sebagai Wamen BUMN

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 09:23 WIB
profil-rosan-roeslani-eks-ketua-kadin-dan-dubes-as-yang-dilantik-jokowi-sebagai-wamen-bumn
Presiden Joko Widodo melantik Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani, menjadi Wakil Menteri BUMN I, di Istana Negara, Senin (17/7/2023). Rosan menggantikan Pahala Mansury yang kini juga mendapat jabatan baru, yakni sebagai Wakil Menteri Luar Negeri. (Sumber: Instagram @rosanroeslani)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo melantik Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani, menjadi Wakil Menteri BUMN I, di Istana Negara, Senin (17/7/2023). Rosan menggantikan Pahala Mansury yang kini juga mendapat jabatan baru, yakni sebagai Wakil Menteri Luar Negeri. 

Mengutip pemberitaan Kompas.tv, Rosan memiliki latar belakang sebagai pengusaha dan merupakan sahabat lama serta rekan bisnis Sandiaga Uno.

Nama Rosan pernah masuk jajaran orang terkaya di Indonesia versi Forbes dan juga versi Globe Asia. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kadin untuk tahun 2015-2020.

Baca Juga: Profil Pahala Mansury, Lama di Sektor Keuangan-Perbankan Kini Jadi Wakil Menteri Luar Negeri

Kadin merupakan organisasi yang memberikan wadah kepada seluruh pengusaha dan asosiasi dunia usaha di Indonesia.

Sebagai pendiri Recapital Advisor, perusahaan dalam bidang jasa keuangan, pria kelahiran 31 Desember 1968 itu baru merintis karir usai menamatkan kuliah S2 di Eropa dengan gelar MBA.

Dalam laman kadin.id, Rosan disebut mampu membaca peluang di tahun krisis 97-98 dengan menganalisa dan mengembangkan invesasi dan diversifikasi portofolio dalam menginisiasi proses merger dan akuisisi.

Nama Rosan Roeslani sempat masuk dalam jajaran relawan Presiden Joko Widodo dalam pemilihan presiden 2019 silam. Yakni sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja Pasangan Calon Presiden Joko Widodo dan Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Dalam tim itu, ia terlibat bersama Johnny G. Plate, Abdul Kadir Karding, hingga Arsul Sani.

Baca Juga: Profil Nezar Patria yang Dilantik Jadi Wamenkominfo Baru, Pernah Jadi Ketua AJI, Stafsus BUMN

Rosan diketahui pernah menduduki jabatan dalam berbagai perusahaan. Mulai dari presiden untuk Recapital Advisor hingga komisaris di berbagai bidang. Ini daftarnya:

• Presiden Direktur Recapital Advisor 

• Penasehat Indonesian Coal Mining Association

• Komisaris Visi Media Asia Tbk 

• Dewan Penasehat Lupita Amanda



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x