Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Profil Pahala Mansury, Lama di Sektor Keuangan-Perbankan Kini Jadi Wakil Menteri Luar Negeri

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 09:04 WIB
profil-pahala-mansury-lama-di-sektor-keuangan-perbankan-kini-jadi-wakil-menteri-luar-negeri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, sebagai Wakil Menteri Luar Negeri di Istana Negara, Senin (17/7/2023). Sehingga mulai saat ini, Pahala akan membantu tugas-tugas Menlu Retno Marsudi. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, sebagai Wakil Menteri Luar Negeri di Istana Negara, Senin (17/7/2023). Sehingga mulai saat ini, Pahala akan membantu tugas-tugas Menlu Retno Marsudi. 

Mengutip dari laman resmi Kementerian BUMN, pria kelahiran Bogor, 8 April 1971 ini menamatkan pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Baca Juga: Peserta Rekrutmen Bersama BUMN Cek Hasil TBI, yang Keluar Hasil Tes Akhlak, Ini Kata FHCI

Pahala melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan meraih gelar MBA di NYU Stern School of Business.


Pahala Nugraha Mansury dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN I pada tanggal 23 Desember 2020 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 76/M Tahun 2020. Sedangkan posisi Wamen BUMN II dijabat oleh Kartiko Wiroatjmodjo yang juga mantan Dirut Bank Mandiri. 

Baca Juga: Ini yang Harus Dilakukan jika Terlanjur Mengunduh File APK di WhatsApp dari Penipu

Pahala menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk pemerintah menjadi Menteri Kesehatan. Sebelum bergabung di Kementerian BUMN, la merupakan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) 2019-2020.

Pahala sudah lama berkarir di BUMN. la pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) di tahun 2018 - 2019, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk di tahun 2017-2018, Direktur Treasury & Market PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di tahun 2015 - 2017, serta pengalaman profesional di berbagai konsultan internasional.

Baca Juga: Soal Usulan SIM Seumur Hidup, Kemenkeu: Negara Kehilangan Rp650 M dan Anggaran Polri Terdampak

Selain itu, la juga pernah meraih penghargaan sebagai ASEAN's Best CFO pada 2021, Indonesia's Best CFO pada 2013 dan menjadi Runner Up Finance Asia Indonesia CFO of the year pada 2007 dan 2009.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x