Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

KAI Pertimbangkan Tambah Kuota Pendaftar Uji Coba LRT Jabodebek, Kini Sudah 24.000 Orang

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 10:08 WIB
kai-pertimbangkan-tambah-kuota-pendaftar-uji-coba-lrt-jabodebek-kini-sudah-24-000-orang
Pihak LRT Jabodebek tengah mempertimbangkan untuk menambah kuota peserta uji coba. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak LRT Jabodebek tengah mempertimbangkan untuk menambah kuota peserta uji coba. Adapun pendaftaran uji coba sudah dibuka pada Senin (10/7/2023), namun hanya beberapa jam setelah dibuka, pendaftaran sudah ditutup.

Banyak masyarakat yang kecewa akan hal tersebut. Kolom komentar media sosial LRT Jabodebek dipenuhi protes warganet. Bahkan ada yang mengaku sudah menunggu pengumuman link pendaftaran sejak lagi, tapi saat membuka medsos LRT, pendaftaran sudah ditutup. 

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan, pendaftaran cepat ditutup karena pendaftar sudah mencapai 24.000 orang. 

"Nah, kuotanya begitu kita buka kemarin, enggak sampai tiga jam sudah lebih daripada 24.000 ya," kata Didiek usai menjajal LRT Jabodebek di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga: Bocoran Tarif LRT, Rp5.000 untuk Kilometer Pertama, Paling Mahal Rp25.000

"Tidak menutup kemudian nanti akan kita tambah untuk mengadaptasi jumlah penumpang yang ingin mencoba LRT ini," ujarnya. 

Tapi Didiek tidak menjelaskan apakah penambahan kuota akan dilakukan dengan memperpanjang masa uji coba atau dengan cara lainnya. 

Sebagai informasi, kapasitas uji coba LRT Jabodebek hanya untuk 600 orang per hari atau 150 orang untuk setiap perjalanan. Jika 24.000 pendaftar dibagi 600, maka perlu 40 hari untuk mengakomodir mereka semua. 

Padahal, masa uji coba tahap dua untuk masyarakat umum hanya berlangsung pada 27 Juli hingga 15 Agustus atau 20 hari.

Baca Juga: Menhub dan Dirut KAI Uji Coba LRT Jabodebek, Sempurnakan Operasional Sebelum Dicoba Jokowi

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi LRT Jabodebek PT KAI Mochammad Purnomosidi mengatakan, pihaknya tangah mengevaluasi uji coba LRT. Mulai dari skema pendaftaran hingga penambahan kuota peserta.

Bukan tidak mungkin pendaftaran uji coba LRT akan dibuka lagi. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x