Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Menhub dan Dirut KAI Uji Coba LRT Jabodebek, Sempurnakan Operasional Sebelum Dicoba Jokowi

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 12:54 WIB
menhub-dan-dirut-kai-uji-coba-lrt-jabodebek-sempurnakan-operasional-sebelum-dicoba-jokowi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti uji coba LRT Jabodebek bersama Dirut KAI Didiek Hartantyo dan Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Rabu (12/7/2023). (Sumber: Tangkapan layar Breaking News KompasTV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengikuti uji coba LRT Jabodebek bersama Dirut KAI Didiek Hartantyo dan Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Rabu (12/7/2023). Mereka menaiki rangkaian LRT yang berangkat dari Stasiun Harjamukti di Depok, menuju Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Selatan. 

Usai melaksanakan uji coba, Budi Karya Sumadi mengatakan aspek keamanan menjadi prioritas selama uji coba berlangsung. 

"Aspek safety jadi yang utama, di satu sisi kita euforia punya kereta LRT baru. Tapi safety harus jadi kewajiban," kata Budi seperti dikutip tayangan Breaking News KompasTV

Ia menyampaikan, selama masa uji coba terbatas ini pihak LRT Jabodebek sambil terus melakukan perbaikan-perbaikan. Sehingga saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi mencoba LRT pada 18 Agustus nanti, operasionalnya sudah jadi lebih baik. 

Baca Juga: Bukan Hari Ini, Masyarakat Umum Baru Bisa Jajal LRT Jabodebek Mulai 27 Juli, Ini Ketentuannya

Budi Karya Sumadi menambahkan, keberadaan LRT Jabodebek juga sebagai upaya mengintensifkan angkutan massal. 

"Sejak Presiden Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta, kita sudah konsisten. MRT kita tambah ke timur, barat, dan utara, LRT ke Bekasi sampai Harjamukti lalu nanti sampai Bogor," ujar Menhub.


"Harapannya angkutan massal akan mengalihkan pengguna angkutan pribadi ke angkutan massal. Yang tentunya lebih cepat, lebih mudah, dan yang paling penting tidak macet," tutur dia. 

Pada kesempatan yang sama, Dirut KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pada tanggal 27 Juli nanti uji coba LRT akan sesuai dengan trayek operation. 

Baca Juga: Netizen Keluhkan Pendaftaran Uji Coba LRT Jabodebek, Manajemen Janji Evaluasi

"Tadi di atas kereta kita lakukan evaluasi apa yang harus disempurnakan. Mulai dari sistem persinyalan, semua dikendalikan dari Operation Control Center (OCC) secara remote, kita sempurnakan ticketing, integrasinya, aksesnya," jelas Didiek. 

LRT Jabodebek nantinya akan dikelola oleh PT KAI. Pihak KAI juga akan bekerjasama dengan TNI, Polri, Basarnas, BNPT, dan rumah sakit-rumah sakit di sepanjang lintasan. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x