Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Bukan Hari Ini, Masyarakat Umum Baru Bisa Jajal LRT Jabodebek Mulai 27 Juli, Ini Ketentuannya

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 08:43 WIB
bukan-hari-ini-masyarakat-umum-baru-bisa-jajal-lrt-jabodebek-mulai-27-juli-ini-ketentuannya
Uji coba LRT Jabodebek akan digelar pada hari ini, Selasa (12/7/2023). Namun ternyata, uji coba hari ini khusus undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Uji coba LRT  Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek)  digelar pada hari ini, Selasa (12/7/2023). Masyarakat pun sudah antusias mendaftar.  Namun ternyata, uji coba hari ini khusus undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.  

Sedangkan masyarakat umum baru bisa menjajal LRT mulai 27 Juli. Padahal warga sudah antusias untuk mencoba moda transportasi baru. Terlihat dari banyaknya warga yang mencoba mendaftar uji coba pada Senin (10/7) lalu, tapi harus kecewa karena pendaftaran ditutup hanya beberapa jam setelah dibuka. 

Kolom komentar media sosial LRT Jabodebek pun ramai dengan protes netizen. Menanggapi keluhan masyarakat, Kepala Divisi LRT Jabodebek PT KAI, M Purnomosidi mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi proses pendaftaran uji coba ini. 

LRT Jabodebek juga akan berupaya memperpanjang masa uji coba LRT Jabodebek. 

Baca Juga: Ternyata Uji Coba LRT 12 Juli 2023 Khusus Undangan, dari Kementerian/Lembaga sampai Komunitas

"Insya Allah akan diperpanjang. Kami lagi upayakan," kata Purnomosidi saat dikonfirmasi Kompas TV, Selasa (11/7).

"Masih dalam tahap evaluasi tentang kemungkinan perpanjangan," tambahnya. 


Sebelumnya, pihak LRT dan Kemenhub hanya mengumumkan jika uji coba untuk masyarakat umum dibuka pada 12 Juli hingga 15 Agustus. 

Tapi Selasa (11/7) kemarin, Juru Bicara Kementerian Adita Irawati menjelaskan uji coba operasional terbatas akan dilakukan secara bertahap.

Yaitu tahap pertama mulai 12 Juli 2023 sampai 26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.  

Baca Juga: Netizen Keluhkan Pendaftaran Uji Coba LRT Jabodebek, Manajemen Janji Evaluasi

Kemudian tahap kedua mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uj coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRt Jabodebek. 

"Uji coba operasional terbatas dilaksanakan pada pukul 08.00 s.d 12.30 dengan jumlah 4 perjalanan KA per hari, yang akan melayani 3 lintas, yaitu lintas Cawang-Dukuh Atas, Cawang-Harjamukti dan Cawang-Jati Mulya," ujar Adita kepada Kompas TV, Selasa (11/7).

"Dalam sehari, ditargetkan jumlah penumpang LRT maksimal 600 penumpang undangan," tambahnya. 

Ia menjelaskan, para undangan hanya dapat melakukan tap in di tiga Stasiun LRT Jabodebek yaitu di Stasiun Harjamukti, Jatimulya dan Dukuh Atas. Namun para undangan dapat melakukan tap out di semua stasiun yang dilewati. 

Baca Juga: JIS Direnovasi agar sesuai Standar FIFA, Heru Budi: Bukan Revitalisasi, tapi Penyempurnaan

"Transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) dari berbagai macam bank penyedia jasa layanan uang elektronik," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x