Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Ternyata Uji Coba LRT 12 Juli 2023 Khusus Undangan, dari Kementerian/Lembaga sampai Komunitas

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 06:30 WIB
ternyata-uji-coba-lrt-12-juli-2023-khusus-undangan-dari-kementerian-lembaga-sampai-komunitas
Tahap pertama uji coba LRT Jabodebek mulai 12 Juli 2023 sampai 26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas. (Sumber: Kompas.id/Helena Fransisca Nababan)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Uji coba LRT Jabodebek akan digelar pada Rabu (12/7/2023). Juru Bicara Kementerian Adita Irawati mengatakan, uji coba operasional terbatas akan dilakukan secara bertahap.

Tahap pertama mulai 12 Juli 2023 sampai 26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari kementerian/lembaga, jurnalis/media, dan komunitas. 

Selanjutnya, pada tahap kedua mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRt Jabodebek. 

"Adapun uji coba operasional terbatas akan dilaksanakan pada pukul 08.00 sampai dengan 12.30 WIB dengan jumlah empat perjalanan KA per hari, yang akan melayani 3 lintas, yaitu lintas Cawang-Dukuh Atas, Cawang-Harjamukti dan Cawang-Jati Mulya," kata Adita dalam keterangan resminya, Selasa (11/7/2023). 

Baca Juga: LRT Jabodebek Beroperasi Tanpa Masinis, Hanya Ada 2 Petugas Ini di dalam Kereta

"Dalam sehari, ditargetkan jumlah penumpang LRT maksimal 600 penumpang undangan," tambahnya. 

Ia menjelaskan, para undangan hanya dapat melakukan tap in di tiga Stasiun LRT Jabodebek, yaitu di Stasiun Harjamukti, Jatimulya, dan Dukuh Atas. Namun, para undangan dapat melakukan tap out di semua stasiun yang dilewati. 

"Transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) dari berbagai macam bank penyedia jasa layanan uang elektronik," ujarnya. 

Pada Senin (10/7), Kemenhub telah menggelar rapat koordinasi untuk membahas kesiapan jelang dilakukannya uji coba LRT Jabodebek pada Rabu, 12 Juli 2023. Rakor dipimpin oleh Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal.

Baca Juga: Momen Jusuf Hamka Dampingi Jokowi di Peresmian Tol Cisumdawu, Piutangnya Belum Dibayar Menkeu

 “Berdasarkan kesepakatan dalam rapat, telah diputuskan mulai besok tanggal 12 (Juli 2023) sampai dengan 15 Agustus 2023 akan dilakukan uji coba operasional terbatas,” ucap Risal saat dihubungi Kompas TV, Selasa (11/7).

Terkait kesiapan uji coba operasional terbatas baik dari aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan, Risal menjelaskan telah menerima surat permohonan pelaksanaan uji coba operasional terbatas.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x