Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Siap-siap War Tiket Uji Coba LRT Hari Ini, Simak Syarat dan Ketentuan Pendaftarannya

Kompas.tv - 10 Juli 2023, 09:57 WIB
siap-siap-war-tiket-uji-coba-lrt-hari-ini-simak-syarat-dan-ketentuan-pendaftarannya
Pendaftaran uji coba LRT Jabodebek dibuka mulai hari ini, Senin (10/7/2023). Tautan atau link pendaftaran akan diumumkan di semua media sosial LRT Jabodebek seperti Instagram @lrt_jabodebek dan Twitter @lrtjabodebek. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendaftaran uji coba LRT Jabodebek dibuka mulai hari ini, Senin (10/7/2023). 

Tautan atau link pendaftaran akan diumumkan di semua media sosial LRT Jabodebek seperti Instagram @lrt_jabodebek dan Twitter @lrtjabodebek.

Sedangkan uji coba akan dimulai pada 12 Juli hingga 17 Agustus 2023. Tarif yang dikenakan selama masa uji coba adalah Rp1. 

Berijut syarat dan ketentuan pendaftaran uji coba LRT Jabodebek:

1. Isi formulir/google form yang tersedia di link pendaftaran

2. Tunggu konfirmasi dari Tim LRT Jabodebek terkait jadwal perjalanannya

Baca Juga: Rute dan Tarif LRT Jabodebek, Mulai Uji Coba 12 Juli 2023

3. Wajib menunjukan bukti konfirmasi yang diterima melalui SMS/WHATSAPP/EMAIL dari pihak LRT Jabodebek kepada petugas stasiun

4. Wajib membawa Uang Elektronik/KMT yang masih berlaku

5. Dilarang makan dan minum di dalam kereta

6. Bersedia mengikuti rute perjalanan yang sudah ditentukan oleh pihak LRT Jabodebek

"Ingat yaa! hanya yang sudah mendapatkan konfirmasi yang dapat mengikuti perjalanan ini," tulis pihak LRT Jabodebek di Instagram resminya. 

Sebelumnya, Manajer Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, uji coba ini terbatas hanya untuk 600 penumpang. Warga bisa menjajal LRT dari 3 stasiun keberangkatan, yaitu Stasiun Harjamukti Cibubur, Stasiun Jatimulya Bekasi, dan Stasiun Dukuh Atas Jakarta.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut WSBK Mandalika Tidak Dihapus, tapi Masih Nego Harga Penyelenggaraan

"Dalam sehari kita siapkan 4 perjalanan dengan 150 penumpang setiap perjalannya. Jadi kurang lebih ada 600 orang dalam setiap perjalannya," kata Kuswardojo kepada wartawan saat mengikuti uji coba terbatas LRT Jabodebek, Kamis (6/7/2023).

"Yang dari Dukuh Atas akan kita antar kembali ke Dukuh Atas. Rp 1 itu untuk perjalanan pulang pergi. Linknya nanti tanggal 10 Juli kita pasang," ujarnya. 

Ia juga menjamin LRT tetap aman meski dijalankan tanpa masinis. Lantaran LRT Jabodebek terlindung oleh ATP (Automatic Train Protection). 

Ia mengatakan, dengan adanya ATP, LRT Jabodebek terlindungi dari Over Speed dan jaminan pengereman yang handal.

Baca Juga: Jasa Marga Perbaiki Jalan di 5 Titik Tol Jakarta-Cikampek Selama Seminggu, Ini Jadwal dan Lokasinya

Selain ATP, LRT Jabodebek juga dilengkapi dengan ARS (Automatic Route Setting) ditambah Interlocking dan Zone Controller yang berfungsi untuk memastikan tidak ada kesalahan pembentukan rute serta mendistribusikan otorisasi kontrol operasi kereta LRT Jabodebek.

"Dengan operasional tanpa masinis tentunya akan lebih aman dibandingkan menggunakan masinis atau orang. Karena lebih dari 60 persen kecelakaan karena faktor manusianya, kelelahan dan sebagainya," ucapnya. 

LRT Jabodebek akan diresmikan pada 18 Agustus 2023 oleh Presiden Jokowi. Sampai saat ini, tarif pastinya belum ditentukan. Namun dari pihak Kementerian Perhubungan mengusulkan tarif termurah Rp5.000 dan paling mahal Rp25.000 untuk jarak terjauh. 

Namun, tarif antara Cibubur-Dukuh Atas dengan tarif Bekasi-Dukuh Atas akan berbeda, karena jarak Bekasi-Dukuh Atas lebih jauh. Tarif di atas adalah tarif yang belum disubsidi oleh pemerintah.

Baca Juga: PNS Tidak Kena Aturan Pajak Natura atau Kenikmatan Fasilitas Kantor, Ternyata Ini Alasannya

Saat sudah beroperasi, diperkirakan ada 434 perjalanan setiap hari. LRT Jabodebek mulai memberikan layanan pada jam 05.00 WIB sampai pukul 23.37 WIB.


 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x