Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi Bagikan Rp320 M ke Atlet ASEAN Para Games: Gunakan untuk Investasi karena Duitnya Gede Banget

Kompas.tv - 3 Juli 2023, 10:56 WIB
jokowi-bagikan-rp320-m-ke-atlet-asean-para-games-gunakan-untuk-investasi-karena-duitnya-gede-banget
Pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp320 miliar sebagai bonus kepada atlet peraih medali di ajang ASEAN Para Games 2023. Bonus itu diberikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para atlet, di Istana Negara, Jakarta (3/7/2023). (Sumber: Tangkapan layar Breaking News Kompas TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp320 miliar sebagai bonus kepada atlet peraih medali di ajang ASEAN Para Games 2023. Bonus itu diberikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para atlet, di Istana Negara, Jakarta Senin (3/7/2023). 

Saat memulai pembagian bonus, Jokowi sempat bertanya kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani tentang kesiapan dana bonus itu.

"Pemerintah akan memberikan bonus untuk para atlet, pelatih, dan asisten pelatih. Anggaran siap Bu Menteri? Siap? Karena yang harus disiapkan Rp 320.500.000.000," tanya Jokowi ke Sri Mulyani dikutip dari Breaking News Kompas TV. 

Baca Juga: Jempol Jokowi Untuk Sri Mulyani Saat Singgung Bonus Atlet ASEAN Para Games 2023

Sri Mulyani pun tertawa mendengar pertanyaan Jokowi. Kemudian, presiden berpesan agar uang tersebut digunakan sebaik-baiknya, tidak dibelikan barang mewah, melainkan untuk investasi jangka panjang. 

"Saya ingin sedikit berpesan betul-betul manfaatkan bonus yang ada ini untuk tetap berlatih dan memacu prestasi, jangan dibelikan barang-barang mewah. Belikan barang-barang yang untuk investasi jangka panjang karena duitnya gede banget," tutur Jokowi. 

Sebagai informasi, Indonesia kembali menjadi juara umum di ASEAN Para Games 2023, dengan berhasil membawa pulang 159 medali emas, 148 perak dan 95 perunggu, dengan total 401 medali.

Baca Juga: Kelakar Jokowi Cek Pasukan Upacara Bhayangkara Berjalan Kaki: Saya Masih Kuat

Rincian bonus yang diberikan pemerintah adalah Rp525 juta untuk peraih emas, peraih medali perak Rp315 juta, dan peraih medali perunggu Rp157,5 juta.

Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada para atlet, pelatih dan asisten pelatih serta seluruh kontingen karena dengan kegigihan dan kerja kerasnya telah mengharumkan nama bangsa dan negara.

"Bangsa, negara dan rakyat sangat bangga dengan bapak, ibu dan saudara-saudara sekalian yang telah berhasil meraih juara umum di ASEAN Para Games 2023. Ini adalah yang ketiga kalinya secara berturut-turut sekali lagi terima kasih," ujarnya. 

Baca Juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Pildun U-17, Jokowi: JIS Jadi Alternatif Jika GBK Tak Bisa Digunakan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x