Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Grab Singapura PHK 1.000 Karyawan, Dikasih Pesangon, Insentif, hingga Laptop

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 14:07 WIB
grab-singapura-phk-1-000-karyawan-dikasih-pesangon-insentif-hingga-laptop
Badai PHK di perusahaan teknologi rupanya belum berakhir. Terbaru, Grab Holdings yang berbasis di Singapura mengumumkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.000 karyawannya. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

SINGAPURA, KOMPAS.TV- Badai PHK di perusahaan teknologi rupanya belum berakhir. Terbaru, Grab Holdings yang berbasis di Singapura mengumumkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.000 karyawannya.

Jumlah itu sekitar 11 persen dari total karyawan Grab dan menjadi PHK terbesar Grab sejak pandemi. Pada 2020 Grab memangkas 5 persen jumlah pegawainya saat itu atau 560 orang. 

Pengumuman PHK ini disampaikan CEO Grab Holdings Anthony Tan lewat surat kepada para pegawainya. 

Dilansir dari Techinasia, Anthony Tan mengatakan, PHK harus dilakukan untuk efisiensi perusahaan dan agar perusahaan tetap bisa beroperasi dalam jangka panjang. 

Baca Juga: Kena PHK Tapi Tak Dapat Pesangon? Ini yang Harus Dilakukan| BTALK

"Saya paham bahwa tidak sedikit pun dari penjelasan ini dapat mendamaikan perasaan Anda saat ini. Kami berusaha sebaik mungkin untuk mengurangi beratnya beban rekan-rekan Grabbers yang akan berpisah dengan menyediakan dukungan finansial, profesional dan juga medis," kata CEO Grab Anthony Tan dalam memonya kepada karyawan, Selasa (20/6/2023).

Anthony menegaskan, perusahaan tidak mengambil jalan pintas dengan mem-PHK pegawainya. Berbagai cara lain juga sudah dilakukan agar Grab bisa menyesuaikan dengan perubahan cepat yang terjadi di pasar. 

Di antaranya kemunculan aritificial inteligence (AI) dan naiknya biaya modal, sehingga berdampak pada persaingan bisnis perusahaan.

Hingga akhir 2022, Grab memiliki 9.942 karyawan. Setelah merugi dengan strategi "bakar duit" selama bertahun-tahun, Grab menargetkan bisa impas (breakeven) akhir tahun ini. 

Baca Juga: Serikat Pekerja: PHK di 2023 Parah! Retail, Logistik Kena Semua | BTALK

Adapun bagi 1.000 karyawan yang terdampak, akan mendapatkan kompensasi sesuai aturan yang berlaku. 

Dalam penjelasannya kepada para pegawai, Grab menyebutkan mereka akan mendapatkan pembayaran tunjangan pengakhiran hubungan kerja; bonus/insentif dan/atau ekuitas (saham) yang seharusnya didapat akan tetap diberikan, dan pencairan cuti tahunan yang belum digunakan serta GrabFlex yang belum terpakai. 


 

Mereka juga akan mendapatkan perpanjangan asuransi kesehatan dengan cakupan penuh berlaku sampai akhir tahun, pencairan cuti hamil/melahirkan bagi personel wanita yang sedang hamil atau pria dengan istri yang sedang hamil.

Baca Juga: Ramai Warga Twitter Mengeluhkan Driver Grab Naikkan Tarif Sendiri

Sementara bagi karyawan yang perannya dibutuhkan selama masa transisi akan mendapatkan bonus. Seluruh pegawai juga akan dibantu melewati transisi karir melalui 1 tahun LinkedIn Premium untuk berjejaring.

Grab juga memberikan dukungan psikologis berupa perpanjangan akses Grabber Assistance Programme hingga akhir tahun ini. Untuk pegawai yang memiliki izin kerja di negara lain, Grab akan memberikan repatriasi. Karyawan juga diberikan opsi untuk memiliki laptop yang sebelumnya digunakan.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x