Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Mulai Besok 1 Juni, 10 Kereta Jarak Jauh Ini Waktu Tempuhnya Lebih Cepat 1 Jam

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 21:15 WIB
mulai-besok-1-juni-10-kereta-jarak-jauh-ini-waktu-tempuhnya-lebih-cepat-1-jam
Mulai Kamis (1/6/2023) besok, PT KAI akan menerapkan Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2023. Hal itu menyebabkan peningkatan percepatan waktu tempuh pada 140 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh. (Sumber: Dok. KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mulai Kamis (1/6/2023) besok, PT KAI akan menerapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023. Hal itu menyebabkan peningkatan percepatan waktu tempuh pada 140 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh.

Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api.

Gapeka digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, untuk pengendalian perjalanan kereta api.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyatakan, KA-KA yang mengalami percepatan waktu tempuh meliputi KA kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi untuk berbagai relasi.

Seperti Jakarta - Surabaya (PP), Jakarta - Solo (PP), Bandung - Surabaya (PP), dan lainnya.

“Percepatan waktu tempuh kereta api ini sebagai bentuk peningkatan layanan KAI kepada pelanggan. Dengan waktu perjalanan yang lebih cepat maka akan semakin meningkatkan mobilitas masyarakat melalui transportasi kereta api,” kata Joni lewat keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Intip Tampilan Baru KA Ekonomi New Image Generation: Gerbong Mewah, Toilet Seperti di Hotel

Joni mengatakan, waktu tempuh kereta api yang semakin cepat tersebut beragam. Bahkan hingga 78 menit seperti pada KA Purwojaya relasi Gambir - Cilacap, yang waktu tempuhnya menjadi  6 jam 5 menit saja, dari sebelumnya 7 jam 23 menit.

Ia menerangkan, percepatan waktu tempuh perjalanan ini dapat diraih melalui sejumlah langkah perbaikan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Seperti adanya jalur ganda di lintas Gedebage - Haurpugur, pengoperasian lintas double-double track (DDT) Cakung - Bekasi, peningkatan kecepatan prasarana di berbagai lintas hingga 120 km/jam, perubahan sistem persinyalan, serta pengoperasian BH 1120 lintas Bumiayu - Linggapura.

Dengan percepatan waktu tempuh, pelanggan dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk berbagai kegiatan lainnya karena perjalanannya lebih efisien.

Berikut 10 besar perjalanan Kereta Api Jarak Jauh yang mengalami percepatan waktu tempuh terbanyak per 1 Juni 2023:



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x