Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Intip Tampilan Baru KA Ekonomi New Image Generation: Gerbong Mewah, Toilet Seperti di Hotel

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 07:54 WIB
intip-tampilan-baru-ka-ekonomi-new-image-generation-gerbong-mewah-toilet-seperti-di-hotel
Tampilan kursi dan gerbong Kereta Ekonomi New Image Generation. (Sumber: Dok. KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pihak PT KAI (Persero) merilis foto-foto Kereta Api (KA) Ekonomi New Image Generation, yang menampilkan penampakan kursi, gerbong, dan toilet kereta ekonomi yang sudah dimodifikasi.

Terlihat tampilan gerbong KA Ekonomi New Image Generation lebih mewah dari kereta ekonomi sebelumnya. Berkat pembaruan kursi dan pencahayaan di bagian bagasi atas. 

Tampilan gerbong Kereta Ekonomi New Image Generation. (Sumber: Dok. KAI)

Seperti diketahui, kursi kereta kelas ekonomi yang lama memiliki sandaran kursi yang tegak 90 derajat, sehingga membuat punggung penumpang pegal-pegal. Apalagi jika menempuh perjalanan jauh. 

Lalu kursi berhadapan dengan kursi penumpang lain dan jaraknya berdekatan sehingga tak jarang penumpang kereta ekonomi harus "beradu dengkul" dengan penumpang lainnya.  

Pada KA Ekonomi New Image Generation, kursi yang berwarna biru ini bisa disandarkan atau di-reclining, sehingga akan jadi lebih nyaman untuk penumpang. 

Bentuk kursinya dibuat untuk menampung satu orang penumpang, seperti kursi bus eksekutif. Lalu di tengahnya ada sandaran tangan yang juga berfungsi sebagai pemisah dengan kursi penumpang lainnya. 

Berbeda dengan kursi kelas ekonomi yang lama, yang dibuat memanjang tanpa adanya sandaran tangan. 

Di bagian atas kursi juga dibentuk mengerucut yang berfungsi sebagai penyangga leher dan kepala penumpang. Sehingga saat kursi direbahkan, akan sangat nyaman bagi penumpang bisa tidur. 

Tampilan toilet Kereta Ekonomi New Image Generation. (Sumber: Dok. KAI)

Keunggulan lainnya yaitu kursinya diputar (revolving) seperti kursi pada kereta eksekutif. Jika penumpang pergi bersama teman-teman atau keluarga, fitur ini akan membuat mereka bisa duduk secara berhadapan. 

Kemudian, jarak antar kursi akan jadi lebih luas. Karena yang tadinya satu gerbong ekonomi diisi 80 kursi, sekarang dikurangi menjadi 72 kursi. 



Sumber : Kompas TV, kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x