Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Catat! Ini Perubahan Jadwal KRL Solo-Jogja dan Prambanan Ekspres Mulai 1 Juni 2023

Kompas.tv - 26 Mei 2023, 10:46 WIB
catat-ini-perubahan-jadwal-krl-solo-jogja-dan-prambanan-ekspres-mulai-1-juni-2023
Jadwal perjalanan KRL atau Commuter Line Yogyakarta-Solo dan Prambanan Ekspress akan mengalami sejumlah perubahan mulai 1 Juni 2023, sebagai penyesuaian atas diberlakukannya grafik perjalanan kereta api (Gapeka) terbaru. (Sumber: Kompas.com )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jadwal perjalanan KRL atau Commuter Line Yogyakarta-Solo dan Prambanan Ekspress akan mengalami sejumlah perubahan mulai 1 Juni 2023, sebagai penyesuaian atas diberlakukannya grafik perjalanan kereta api (Gapeka) terbaru.

“Ada sejumlah penyesuaian untuk jam keberangkatan pertama dan terakhir sehingga calon penumpang diharapkan dapat mencermati dan mengatur kembali jadwal perjalanannya,” kata Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, dalam siaran persnya, Kamis (25/5/2023).

Ia menjelaskan, jadwal keberangkatan pertama Commuter Line Yogyakarta-Solo dari Yogyakarta yang sebelumnya pukul 05.20 WIB berubah menjadi 05.30 WIB, sedangkan jadwal keberangkatan pertama dari Palur tetap pukul 04.55 WIB.

Baca Juga: Ini Penampakan Baru Kereta Ekonomi: Kursi Bisa Disandarkan dan Diputar hingga Pakai Toilet Duduk

Sedangkan keberangkatan terakhir dari Stasiun Yogyakarta juga mengalami penyesuaian dari sebelumnya pukul 22.35 WIB menjadi 17.45 WIB saat weekdays dan saat weekend pukul 20.16 WIB. Sedangkan dari Palur dari sebelumnya 21.05 WIB menjadi 18.07 WIB.

Sementara total perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Solo tidak mengalami perubahan, tetap 20 perjalanan dalam sehari saat weekdays dan 24 perjalanan saat weekend.

“Selain penyesuaian jadwal keberangkatan, juga dilakukan perubahan nama untuk KA Lokal Prambanan Eskpress (Prameks) menjadi Commuter Line Prameks,” ujar Anne.

Jadwal keberangkatan untuk kereta juga mengalami perubahan, yaitu dari sebelumnya pukul 06.30 WIB menjadi 06.37 WIB dari Yogyakarta untuk keberangkatan pertama, sedangkan dari Kutoarjo juga berubah dari pukul 05.15 WIB menjadi 05.25 WIB.

Baca Juga: Kaget Surabaya Tak Masuk Daftar Smart City, Erick Thohir: Indonesia Harusnya Punya 10

Begitu pula dengan keberangkatan terakhir dari sebelumnya 17.35 WIB menjadi 18.38 WIB dari Yogyakarta dan dari Kutoarjo menjadi pukul 16.05 WIB dari sebelumnya 15.58 WIB.

Tapi, total perjalanan Prameks relasi Yogyakarta-Kutoarjo tersebut tidak mengalami perubahan dalam grafik perjalanan terbaru. Yaitu tetap delapan perjalanan setiap hari.

Penyesuaian jadwal keberangkatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Lantaran waktu perjalanan kereta akan jadi lebih cepat.

“Perjalanan commuter line juga akan lebih cepat sekitar tiga hingga enam menit dibanding jadwal lama,” ucap Anne.

Baca Juga: Pengumuman! Mulai 12 Juli Warga Bisa Jajal LRT Jabodebek, Tarifnya Cuma Rp0 - Rp1

KAI mencatat, Commuter Line Yogyakarta-Solo telah melayani sekitar 2,1 juta pelanggan. Sedangkan Prameks melayani sekitar 330.000 pelanggan.

Untuk tahun 2023, KAI Commuter menargetkan mampu mengangkut sekitar 5,7 juta pelanggan untuk Commuter Line Yogyakarta-Solo dan sekitar 775.000 pelanggan untuk Prameks.



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x