Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Pengumuman! Mulai 12 Juli Warga Bisa Jajal LRT Jabodebek, Tarifnya Cuma Rp0 - Rp1

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 15:08 WIB
pengumuman-mulai-12-juli-warga-bisa-jajal-lrt-jabodebek-tarifnya-cuma-rp0-rp1
Petugas memeriksa rangkaian kereta LRT Jabodebek yang diparkir di area light maintenance atau kawasan pemeliharaan rutin ringan di depo LRT Jabodebek, Jatimulyo, Bekasi Timur, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023). LRT yang melayani tiga lintas pelayanan itu akan siap beroperasi komersial pada Juli 2023. (Sumber: Kompas.id/Helena Fransisca Nababan)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat akan bisa menaiki Light Rail Transit atau Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek mulai 12 Juli 2023. Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, pihaknya akan mengadakan soft launching dengan mengundang warga secara terbatas untuk menjajal LRT. 

Ia menyatakan, pada periode itu, masyarakat bisa naik LRT Jabodebek dengan skema tarif yang sangat murah, bisa Rp0 atau Rp1.

"Periode mengangkut penumpang secara terbatas dilakukan agar masyarakat bisa terbiasa menggunakan LRT Jabodebek dan alurnya sebelum commercial operation day (COD) atau beroperasi komersial sepenuhnya pada 17 Agustus,” kata Kuswardojo seperti dikutip dari Kompas.id, Rabu (24/5/2023).

Bagi masyarakat yang ingin menjajal LRT, masyarakat bisa memantau media sosial (medsos) LRT Jabodebek. 

Baca Juga: Segera Beroperasi Agustus, Tarif LRT Jabodebek Disubsidi dan Penumpang Cukup Bayar Rp15.000

”Bisa dilihat di medsos kami nanti. Kami umumkan mekanisme pendaftarannya dan lain-lain di sana,” katanya. 

Sebelum dilakukan soft launching, saat ini uji coba operasional LRT masih terus dilakukan. Uji coba saat ini masih dilakukan tanpa membawa penumpang.

”Target kami, Mei ini 21 rangkaian kereta atau train set secara bersamaan melakukan uji operasional,” ujar Kuswardojo.

Menurutnya, uji operasional berjalan lancar dan sesuai rencana. Namun, untuk headway atau jarak perjalanan antarkereta secara keseluruhan belum bisa terlihat karena jumlah rangkaian kereta yang dioperasikan belum sama dengan jumlah saat operasional sebenarnya.

Adapun LRT Jabodebek akan memiliki 31 rangkaian kereta untuk beroperasi di tiga lintas pelayanan. Saat jam sibuk pagi hari dan sore hari, LRT Jabodebek akan mengoperasikan 27 rangkaian kereta. Di luar jam sibuk, 20 rangkaian kereta yang akan dioperasikan.



Sumber : Kompas.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x