Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Arus Balik, TransJakarta Tambah 6 Rute dari Terminal Pulogebang ke Terminal Lainnya di DKI

Kompas.tv - 28 April 2023, 11:03 WIB
arus-balik-transjakarta-tambah-6-rute-dari-terminal-pulogebang-ke-terminal-lainnya-di-dki
Suasana arus balik di Terminal Pulo Gebang. PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menambah enam rute dari Terminal Pulogebang ke sejumlah terminal lain di DKI Jakarta, untuk mengantisipasi kedatangan pemudik saat arus balik periode kedua. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menambah enam rute dari Terminal Pulogebang ke sejumlah terminal lain di DKI Jakarta, untuk mengantisipasi kedatangan pemudik saat arus balik periode kedua.

"TransJakarta menyediakan sebanyak enam rute tambahan dari Terminal Pulogebang menuju ke terminal lain meliputi  Senen, Tanjung Priok, Kampung Rambutan, Pasar Minggu, Kalideres, dan Pulogadung," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta Apriastini Bakti Bugiansri seperti dikutip dari Antara, Kamis (27/4/2023).

Adapun layanan tambahan TransJakarta dari terminal Pulogebang ke sejumlah terminal di Jakarta tersedia mulai 26 April hingga 1 Mei 2023.

"Layanan TransJakarta dari Terminal Pulogebang ke sejumlah terminal tersedia mulai pukul 22.00 WIB hingga 05.00 WIB," ujar Apriastini.

Baca Juga: Lebaran Usai, Jakarta Bersiap Diserbu 40.000 Pendatang Baru, Ini Langkah yang Diambil Heru Budi

Ia menjelaskan, layanan tambahan ini diberikan mengingat Terminal Pulogebang selama arus mudik dan balik Lebaran 2023 menjadi pusat pergerakan penumpang bus.

"Dengan ketersediaan layanan dari TransJakarta akan memudahkan masyarakat yang tiba dari kampung halaman untuk menuju ke tujuan masing-masing dengan aman dan nyaman. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan TransJakarta yang beroperasi 24 jam untuk 13 koridor utama," terangnya. 

Sementara itu, Koordinator Satuan Pelaksana Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang Hendra Kurniawan memprediksi, puncak arus balik di Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang, terjadi pada Sabtu dan Minggu (29-30 April) atau pada H+6 dan H+7 Lebaran 2023.

"Kami prediksi puncak arus balik kedua di akhir pekan, Sabtu mau pun Minggu," ujar Hendra.

Baca Juga: 70 Persen Kendaraan Belum Balik ke Jakarta, Arus Balik Gelombang 2 Mulai 30 April-1 Mei

Ia memproyeksikan, pada periode puncak arus balik tersebut, sebanyak lebih dari 3.000 penumpang serta 200-an armada bus akan tiba di terminal bus terbesar se-Asia Tenggara ini.

Terminal Terpadu Pulo Gebang jug menyiagakan personil internal yang terbagi dalam 3 waktu kerja (sif) dengan jumlah total 50 orang yang terbagi dalam sejumlah petugas.

Baca Juga: Tips Menjaga Mobil Tetap Prima Usai Kerja Keras Digunakan untuk Mudik

Di antaranya petugas operasional seperti admin announcer (penyiar informasi), petugas kebersihan, dan petugas keamanan yang siap melayani kebutuhan penumpang.


 

Sementara dari eksternal, turut menggandeng TNI dan POLRI dalam memberikan layanan tambahan kepada penumpang.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x