Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

70 Persen Kendaraan Belum Balik ke Jakarta, Arus Balik Gelombang 2 Mulai 30 April-1 Mei

Kompas.tv - 27 April 2023, 10:07 WIB
70-persen-kendaraan-belum-balik-ke-jakarta-arus-balik-gelombang-2-mulai-30-april-1-mei
Foto udara antrean sejumlah kendaraan pemudik melewati Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). Jasa Marga mencatat baru sekitar 30 persen kendaraan yang kembali ke Jabotabek pada arus balik libur Lebaran 2023. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mencatat baru sekitar 30 persen kendaraan yang kembali ke Jabotabek pada arus balik libur Lebaran 2023. 

Sebanyak 487.986 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada H+1 s.d H+2 Hari Raya Idul Fitri 1444 H yang jatuh pada Senin – Selasa (24-25 April 2023). 

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung). 

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek tersebut baru mencapai 30,45 persen dari prediksi arus balik sebesar 1,6 juta kendaraan pada periode H+1 s.d H+7 Hari Raya Idul Fitri 1444 H. 

Jasa Marga juga memprediksi bakal ada puncak arus balik Lebaran 2023 gelombang ke 2, yang terjadi pada Minggu-Senin, 30 April-1 Mei 2023. Hal itu diperkirakan karena terdapat long weekend dari adanya tanggal merah 1 Mei yang jatuh pada hari Senin.

Baca Juga: Tips Menjaga Mobil Tetap Prima Usai Kerja Keras Digunakan untuk Mudik

Karena masih ada 70 persen kendaraan yang belum kembali, Jasa Marga pun menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan. 

“Untuk melayani masih tingginya volume kendaraan pada arus balik, maka Jasa Marga akan mendukung pelaksanaan rencana rekayasa lalu lintas dan pengaturan lalu lintas angkutan barang yang telah diperpanjang jadwal pelaksanaannya melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Kakorlantas Polri," kata Lisye dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/4/2023). 

Lisye mengingatkan kepada pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo e-toll untuk menghindari antrean di gerbang tol. 

Selain itu pengguna jalan juga diimbau untuk memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi prima. Saat memasuki GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pengguna jalan diimbau untuk mematuhi rambu dan arahan petugas.

Baca Juga: Damri Buka Rute Bandung-Ciledug Lewat Tol Cisumdawu, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

"Hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik tahap kedua yang jatuh pada Minggu-Senin, 30 April-1 Mei 2023 untuk menghindari penumpukan kendaraan," ujar Lisye. 

Jasa Marga turut mengimbau pengguna jalan untuk kembali ke Jabotabek pada hari Rabu/Kamis/Jumat (26-28 April 2023) untuk perjalanan yang lebih nyaman, sekaligus dapat memanfaatkan diskon tarif tol sebesar 20 persen.


 

Ia menyebut, untuk perjalanan menerus dari Semarang ke Jakarta dengan saldo setelah diskon sebesar Rp297.600 untuk kendaraan golongan I (semula Rp372.000) yang berlaku pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB. 

Baca Juga: Kisah Petugas Damkar Kemayoran Tunaikan Tugas Unik, Lepas Kaleng Biskuit Nyangkut di Kepala Bocah

"Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Tetap terhidrasi dan jaga kesehatan untuk mengantisipasi panas ekstrem dengan indeks ultraviolet tinggi yang diprediksi oleh Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG)," tuturnya. 

Ia menambahkan, kondisi lalulintas juga dapat dipantau melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga.




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x