Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Mengenal Apa Itu Etilen Oksida yang Ditemukan di Mie Instan dan Bahayanya Buat Tubuh

Kompas.tv - 26 April 2023, 16:05 WIB
mengenal-apa-itu-etilen-oksida-yang-ditemukan-di-mie-instan-dan-bahayanya-buat-tubuh
Kepala BPOM Penny Lukito sebut untuk saat ini EtO telah dilarang penggunaannya sebagai pestisida di Indonesia melalui Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pendaftaran Pestisida. (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan Taiwan menemukan zat etilen oksida (EtO) yang menyebabkan kanker di dua produk mie instan. Yakni "Ah Lai White Curry Noodles" dari Malaysia dan mie instan rebus dari Indonesia. 

Mengutip laporan "Pedoman Mitigasi Risiko Kesehatan Senyawa Etilen Oksida, 2,6-Diisopropinftalena, dan 9,10-Antrakinon," dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), temuan EtO para produk makanan merupakan hal baru.  

"Temuan residu Etilen Oksida (EtO) dan senyawa turunannya seperti 2-kloroetanol (2-CE) dalam pangan merupakan emerging issue (isu baru) yang dimulai dengan notifikasi oleh The European Union Rapid Alert System for Food and Feed (EURASFF) pada tahun 2020," kata Kepala BPOM Penny Lukito dalam laporan tersebut, ditulis Rabu (26/4/2023)  

"Terdapat penolakan produk ekspor Indonesia karena karena terdapat temuan residu pestisida EtO pada produk mi instan, 2,6-DIPN dan 9,10-AQ pada produk teh," tambahnya. 

Baca Juga: YLKI Minta BPOM Periksa Kandungan Mi Instan yang Dilarang Taiwan

Oleh karena itu, perlu dibuatkan pedoman untuk pelaku usaha pangan olahan agar dapat melakukan mitigasi risiko sehingga meminimalkan keberadaan senyawa-senyawa tersebut dalam pangan olahan. 

Ia menuturkan, temuan etilen oksida dalam makanan dimulai dengan notifikasi oleh The European Union Rapid Alert System for Food and Feed (EURASFF) pada tahun 2020 tentang ditemukannya EtO pada biji wijen (sesame seeds) dari India. 

Selanjutnya, pada tahun 2021, EURASFF juga mengeluarkan notifikasi terkait temuan EtO pada locust bean gum dan pada tahun 2022 terkait temuan EtO pada mi instan serta es krim.

Baca Juga: Indomie Varian Ini Disebut Mengandung Zat Pemicu Kanker, Bos Indofood: Kita Sudah Ikuti Persyaratan

Selain itu beberapa produk teh dari Indonesia juga mengalami penolakan ekspor karena terdapat temuan residu pestisida 2,6-diisopropilnaftalena (2,6-DIPN) dan 9,10-antrakinon (9,10-AQ). 

"Ditolaknya produk Indonesia karena keberadaan EtO, 2-CE, 2,6-DIPN, dan 9,10-AQ tersebut karena senyawa itu dianggap sebagai residu pestisida yang melebihi batas maksimal yang telah ditetapkan oleh negara tujuan ekspor," ujar Penny. 

Ia menyampaikan, untuk saat ini EtO telah dilarang penggunaannya sebagai pestisida di Indonesia melalui Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pendaftaran Pestisida.

Apa Itu Etilen Oksida?

Etilen oksida adalah senyawa kimia yang di beberapa negara umum digunakan di industri. Baik sebagai bahan baku untuk sintesis etilen glikol maupun sebagai zat/bahan sterilisasi untuk alat medis, serta sebagai pestisida (fumigan) untuk post harvest handling komoditi pangan. 

Baca Juga: Gurihnya Abon Banjarmasin Laris di Mancanegara

EtO adalah gas beracun yang tidak berwarna, memiliki bau seperti eter, reaktif dan mudah terbakar, serta memiliki rumus kimia C2H4O. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x