Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Tips Atur Barang di Atap Mobil Saat Mudik Agar Seimbang dan Barang Tak Rusak

Kompas.tv - 21 April 2023, 11:35 WIB
tips-atur-barang-di-atap-mobil-saat-mudik-agar-seimbang-dan-barang-tak-rusak
Pemudik menumpuk barang bawaan di atap mobil dalam perjalanan menuju kampung halaman. Pengendara harus memperhatikan cara mengatur barang di atap mobil agar kendaraan tetap seimbang dan barang tidak rusak. (Sumber: Gridoto.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Selama arus mudik Lebaran 2023, mobil pribadi dengan barang menumpuk di atas mobil menjadi pemandangan yang jamak terlihat. 

Atap mobil digunakan karena bagian dalam mobil sudah tidak cukup lagi menampungnya. Atau pengendara sengaja menaruh barang di atap untuk memberikan ruang gerak yang lebih luas bagi penumpang di dalam mobil. 

Walaupun sudah menjadi hal yang biasa, cara menyusun barang dalam mobil tetap harus diperhatikan agar terorganisir dengan baik dan tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Asisten Kepala Departemen Servis PT Suzuki Indomobil Sales Hariadi mengatakan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan pemilik mobil ketika hendak mengatur barang bawaan di bagasi mobil agar terlihat rapi dan tersusun secara aman selama perjalanan.

Baca Juga: Tips Menyiapkan Makanan Bergizi untuk Balita Saat Perjalanan Mudik

"Ketika hendak berpergian jarak jauh seperti mudik, pengendara harus memperhatikan keterbatasan ruang dalam bagasi mobil Anda. Tentukan barang-barang penting yang sangat diperlukan sehingga membawa dan menata barang jadi lebih efektif," kata Hariadi seperti dikutip dari Antara, Jumat (21/4/2023). 

Tips pertama adalah dengan mengoptimalkan prinsip center of gravity. Pemudik dapat mengatur barang-barang bawaan dengan meletakkan barang dengan bobot paling berat dan dimensi paling besar di bagian paling bawah.

Setelah barang yang paling berat dan besar, susunan di atasnya disusul dengan barang yang ukurannya lebih ringan. 

Kemudian ditumpuk untuk menghindari kerusakan barang akibat tertumpuk benda berbobot lebih berat karena adanya gaya gravitasi.

Untuk koper atau tas dengan isi barang-barang berharga seperti laptop, ponsel atau dompet sebaiknya diletakkan di bagian paling atas dan tidak ditumpuk barang lain agar terhindar dari kerusakan serta lebih mudah untuk diambil.

Baca Juga: Anti Cemas! Simak 5 Tips agar Listrik Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x