Kompas TV lifestyle kesehatan

Tips Menyiapkan Makanan Bergizi untuk Balita Saat Perjalanan Mudik

Kompas.tv - 20 April 2023, 14:38 WIB
tips-menyiapkan-makanan-bergizi-untuk-balita-saat-perjalanan-mudik
Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasaraharja Munadi Herlambang (kanan) memberikan mainan ke sejumlah anak peserta Mudik Gratis BUMN 2023 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (16/4/2023). Para orangtua yang mengajak anaknya mudik hendaknya tetap memperhatikan kebutuhan gizi si kecil. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dokter spesialis anak Mahrunnisa Fitria Sp.A mengingatkan orang tua, untuk selalu memenuhi kebutuhan gizi anak balita selama perjalanan mudik. Sehingga, daya tahan dan tumbuh kembang anak tetap berjalan dengan baik.

“Anak perlu tetap dijaga makan makanan dengan gizi seimbang agar daya tahan tubuh dan proses tumbuh kembang tetap berjalan dengan baik. Pemberian ASI tetap diberikan sesuai jadwal dengan memperhatikan kenyamanan dan kebersihan lingkungan,” kata Fitria seperti dikutip dari Antara, Kamis (20/4/2023).

Jika anak masih mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), ia menyarankan cukup membawa peralatan makan yang diperlukan saja seperti termos air panas, alat slow cooker atau blender mini untuk membuat makanan terutama MPASI, serta peralatan makan lainnya secukupnya.

Jika diperlukan, orang tua selama perjalanan dapat memberikan MPASI instan khusus yang disukai anak agar lebih praktis. Orang tua bisa membuat MPASI sendiri kembali setelah sampai di tujuan. 

Alternatif lainnya adalah membuat MPASI dari rumah kemudian dibekukan dan dibawa menggunakan tas insulator yang berisi ice gel. 

Makanan yang dibekukan itu bisa dihangatkan dengan merendam wadah dalam air hangat selama 15 sampai 20 menit.

Baca Juga: Cerita Pengandara Motor Bawa Anak Tempuh 550 Km Selama 20 Jam untuk Mudik di Sumatera

"Usahakan untuk tidak membeli makanan dari luar untuk MPASI dengan tekstur yang masih lembek atau lunak,” ujarnya. 

Fitria juga mengingatkan, makanan yang disajikan diusahakan tetap bervariasi setiap hari dengan kandungan protein, lemak dan karbohidrat yang disarankan. 

Tidak lupa juga untuk membawa kudapan favorit si kecil yang dikemas dalam kemasan yang higienis.

Untuk anak yang usianya lebih besar, pilihan makanan bisa lebih bervariasi. Namun, yang harus diperhatikan adalah kebersihan makanan dan air minum yang dikonsumsi.

Fitria menyarankan agar anak mengonsumsi makanan yang baru saja dimasak dan selalu mencuci tangan sebelum makan untuk mencegah kuman masuk dalam tubuh anak.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x