Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Stasiun Gubeng Sediakan Fasilitas Isi Ulang Air Minum Gratis dan Pojok Baca Untuk Penumpang KA

Kompas.tv - 19 April 2023, 16:32 WIB
stasiun-gubeng-sediakan-fasilitas-isi-ulang-air-minum-gratis-dan-pojok-baca-untuk-penumpang-ka
Fasilitas Pojok Baca yang ada di Stasiun Gubeng, Surabaya, bisa dimanfaatkan penumpang saat menunggu kereta agar tidak bosan. (Sumber: KAI Daop 8)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

SURABAYA, KOMPAS.TV- Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada masa Angkutan Lebaran tahun 2023, KAI Daop 8 Surabaya mulai hari ini, Rabu (19/4/2023) menyediakan area Pojok Baca dan Air Minum Gratis.

Fasilitas itu diperuntukan bagi penumpang kereta api jarak jauh yang sedang menunggu keberangkatan kereta di Stasiun Surabaya Gubeng.

"Penumpang dapat memanfaatkan fasilitas booth Air Minum Gratis dan Pojok Baca secara gratis saat menunggu keberangkatan kereta, yang telah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya,” kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas TV.

Luqman Arif menyampaikan, para penumpang dapat memanfaatkan operasional fasilitas tersebut mulai 14 April sampai dengan 2 Mei 2023. Diharapkan, pojok baca dapat mengurangi kebosanan saat menunggu ketersediaan kereta.

Baca Juga: Demi Mudik Aman dan Lancar, Teknisi Kereta Hingga Masinis Jalani Tes Narkoba

Fasilitas isi ulang air minum gratis di Stasiun Gubeng, Surabaya. (Sumber: KAI Daop 8)

Serta memberikan pengalaman baru penumpang kereta api keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng. Penumpang juga tak kesulitan jika ingin mengisi air minum selama menunggu kereta.

Penumpang yang naik KA jarak jauh dari Stasiun Gubeng juga kini sudah bisa menggunakan teknologi Face Recognition Boarding Gate. Sehingga tak perlu repot-repot menunjukan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, ataupun dokumen vaksinasi.

"Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang, melalui wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki hingga status vaksinasi pelanggan," tutur Luqman Arif beberapa waktu lalu.

Untuk menikmati fasilitas terebut, pelanggan harus melakukan satu kali registrasi di awal yang berlaku untuk selamanya. Registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP Reader, kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader.

Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x