Kompas TV cerita ramadan amalan

6 Ciri Malam Lailatul Qadar Sudah Terjadi, Berdasarkan Hadis Nabi

Kompas.tv - 24 April 2022, 04:05 WIB
6-ciri-malam-lailatul-qadar-sudah-terjadi-berdasarkan-hadis-nabi
Ilustrasi malam Lailatul Qadar, berikut ini merupakan 6 ciri malam Lailatul Qadar berdasarkan hadis Nabi (Sumber: Pixabay/mohammed_hassan)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lailatul qadar adalah malam istimewa dan penuh ampunan, serta malam yang lebih baik dari 1.000 bulan. Lantas, kapan waktu malam lailatul qadar sudah terjadi?

Ustaz Dr Ahmad Sarwat, Lc, dalam bukunya Jaminan Mendapatkan Lailatul Qadar menjelaskan tentang malam lailatul qadar ini yang juga diperingati sebagai malam turunnya Al-Qur’an.

Deskripsi tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surat Al Qadar, surat ke-97 dalam Al-Qur'an.

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam Qadar. Dan tahukah kamu apakah malam Qadar itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (QS. Al-Qadar : 1-3)

“Para ulama menetapkan bahwa bila seseorang beramal salih di malam qadar itu, maka dia akan mendapat pahala seperti melakukannya dalam 1.000 bulan,” tulis Ustaz Ahmad Sarwat.

Berikut ini merupakan 6 tanda malam lailatul qadar telah terjadi dan mungkin tidak disadari oleh muslim.

Baca Juga: Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar yang Diajarkan Rasulullah SAW

Ciri Malam Lailatul Qadar 

1. Udara dan Suasana Pagi yang Tenang

Ketika itu terjadi, maka pagi harinya dikabarkan pagi yang tenang dan hening. Ibnu Abbas radliyallahu’anhu berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Lailatul qadar adalah malam tenteram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.”

2. Cahaya Mentari Redup

Ustaz Ahmad Sarwat lantas menjelaskan, ada juga hadis nabi yang menginformasikan ciri malam qadar adalah bila ada cahaya mentari lemah, cerah tak bersinar kuat keesokannya.

Dasarnya dari hadis Ubay bin Ka’ab radliyallahu’anhu, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x