Kompas TV cerita ramadan risalah

Kisah Lengkap Nabi Ayyub dan Kesabaran Menghadapi Ujian, Bisa Diceritakan untuk Anak-anak

Kompas.tv - 9 April 2022, 04:45 WIB
kisah-lengkap-nabi-ayyub-dan-kesabaran-menghadapi-ujian-bisa-diceritakan-untuk-anak-anak
Ilustrasi berdoa. berikut ini merupakan kisah Nabi Ayyub dan bisa diceritakan ke anak-anak kita (Sumber: Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nabi Ayyub adalah salah dari 25 Nabi dan Rasul yang wajib dikenal dalam Islam. Ia juga dikenal sebagai Nabi yang paling sabar ketika menghadapi ujian. Bagaimana kisahnya?

Nabi Ayyub sendiri adalah keturunan dari Nabi Yusuf. Sebelum mendapatkan ujian, ia hidup bahagia bersama istri dan memiliki 10 anak.

Setiap hari, ia bekerja mengolah sawah, kebun dan memiliki harta yang cukup. Meskipun kehidupannya makmur, Nabi Ayyub tak sombong diri. Ia mengajarkan kepada anak-anaknya tentang sedekah.

Anak-anaknya pun ikut serta memberikan makanan kepada kaum miskin yang membutuhkan, berbuat baik kepada sekitar dan senantiasa beriman kepada Allah SWT. Kedermawanan dan kebaikannya ini yang membuatnya dicintai penduduk Hawran.

Tapi tidak bagi setan. Ia jengkel dengan dengan keimanan dan ketakwaan Nabi Ayyub. Setan sedikit demi sedikit memengaruhi penduduk dan mengatakan bahwa keimanan Ayyub sebatas hartanya.

“Jika ia jatuh miskin, maka ia akan menyimpang dari jalan Allah,” kata setan.

Baca Juga: Kisah Nabi Yusya, Membuat Matahari Berhenti Berputar

Nabi Ayyub Diuji oleh Allah SWT dengan Jatuh Miskin

Allah ingin menunjukkan kepada penduduk Hawran akan keimanan, kebaikan dan kesabaran Nabi Ayyub. Maka Allah mengujinya dengan mengambil harta yang dimiliki oleh Nabi Ayyub.

Seketika, para pengembala, petani maupun tukang kebunnya dibunuh oleh orang-orang jahat. Hartanya pun ludes terbakar itu.

Pada suatu sore awan hitam meliputi langit dan suara gemuruh terdengar keras. Seorang budak Nabi Ayyub tergesa-gesa mendatanginya. Pakaian dan tubuhnya terbakar dan budak itu mengatakan bahwa tempat pengembalaannya terbakar. Tidak ada yang tersisa, semuanya hangus.

Nabi Ayyub menundukkan muka, lantas berdoa kepada Allah. Ia memahami, ia lagi diuji oleh-Nya.

Ia pun pasrah berserah diri kepada Allah.

Setan sekarang mendapatkan kesempatan emas, ia ingin menjerumuskan Ayyub dan keluarganya. Ia pun merayu dengan segala cara, mulai dari mengimingi harta hingga membisiki warga agar menjauhi Ayyub dan keluarga.

Nabi Ayyub Diuji Lewat Penyakit



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x