Kompas TV cerita ramadan kesehatan

Ini Jenis Olahraga Terbaik Saat Puasa, Lakukan Sebelum Berbuka

Kompas.tv - 12 April 2021, 11:03 WIB
ini-jenis-olahraga-terbaik-saat-puasa-lakukan-sebelum-berbuka
Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju bersepeda di kawasan Semarang, Jawa Tengah, Senin (30/12/2019). (Sumber: Dok. Sekretariat Kabinet)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Bulan suci Ramadan sebentar lagi akan tiba, jangan sampai olahragamu yang giat mendadak berhenti karena menjalankan ibadah puasa.

Saat menjalankan puasa, tubuh memang tidak menerima asupan makanan dan minuman dari luar. Namun, bukan berarti kamu tidak menjadi aktif dan tidak boleh berolahraga. Kabar baiknya, olahraga saat puasa masih boleh untuk dilakukan.

Baca Juga: Simak Tips Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tetap Bugar Saat Ramadan

Mengutip dari laman Halodoc, ketika puasa glikogen dan karbohidrat yang disimpan kemungkinan besar akan habis. Sehingga, tubuh akan membakar lemak lebih dari biasanya. Dalam kondisi seperti ini intensitas olahraga saat puasa harus dikurangi untuk mencegah dehidrasi.

Berikut rekomendasi jenis olahraga terbaik yang dapat dilakukan ketika puasa:

1. Jalan santai

Olahraga ini dapat menjadi pilihan yang tepat agar tidak berkeringat. Terlebih, jalan santai jelas punya manfaat baik untuk kesehatan jantung, otot serta tulang. Lokasi yang dipilih pun cukup di sekitar rumah atau berjalanlah di lapangan serta taman jika memungkinkan.

2. Bersepeda di sore hari

Lakukanlah olahraga ini tidak lama sebelum waktu berbuka datang. Selain dapat menjadi hiburan karena bisa meningkatkan mood, lewat olahraga ini seseorang juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Waktu yang paling direkomendasikan adalah sore hari, selain matahari sudah tidak terik hal ini pun dapat mengurangi keringat yang dikeluarkan oleh badan.

3. Bowling

Bowling termasuk olahraga yang ringan bahkan cenderung tidak banyak menguras energi. Olahraga ini bagus untuk menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan badan. 

4. Jogging

Sebetulnya jogging tidak jauh berbeda dengan jalan santai, hanya saja olahraga satu ini ritmenya lebih cepat. Jogging bisa menjadi pilihan olahraga yang dapat dilakukan saat berpuasa. Hanya saja intensitasnya dikurangi, biasanya bisa berkeliling lapangan 5 kali, bisa dikurangi jadi 2 ataupun 1. Cara lain, jogging lah di lingkungan desa, komplek, atau rumahmu.

5. Yoga

Melakukan yoga saat puasa disinyalir dapat membuat tubuh semakin segar. Olahraga yang cenderung tidak menguras energi ini berfokus pada pernapasan. Secara tidak langsung akan memperlancar oksigen yang masuk ke dalam tubuh dan menyeimbangkan hormon. Lakukanlah dengan santai dan rileks selama 15-30 menit sebelum waktu berbuka puasa tiba.

Olahraga yang dapat dipilih tentu perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing. Tidak disarankan berolahraga pada siang hari. Olahraga dapat dilakukan 2 sampai 1 jam menjelang waktu berbuka puasa.

Baca Juga: Tips Mengatur Pola Tidur Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x