Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

New Normal, Penumpang AirAsia Hanya Boleh Bawa Satu Tas Laptop ke Kabin Pesawat

Kompas.tv - 16 Juni 2020, 11:29 WIB
new-normal-penumpang-airasia-hanya-boleh-bawa-satu-tas-laptop-ke-kabin-pesawat
Awak kabin AirAsia terlihat membersihkan kabin dengan disinfektan (Sumber: (Dok. AirAsia Indonesia))
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Maskapai penerbangan AirAsia akan mengudara selama masa normal baru atau new normal.

Tentu dengan menerapkan protokol keselamatan dan kesehatan baru, salah satunya penumpang hanya boleh membawa satu tas laptop atau jinjing ke kabin pesawat.

Direktur Keselamatan Penerbangan AirAsia Indonesia, Capt Achmad Sadikin, mengatakan AirAsia memperkenalkan kebijakan baru terkait barang bawaan penumpang untuk meminimalisasi sentuhan dengan penumpang lainnya.

Baca Juga: AirAsia Indonesia Hentikan Penerbangan Sementara

Penumpang hanya diperbolehkan membawa satu tas kecil ke dalam pesawat berupa tas laptop atau tas jinjing dengan ukuran 40 cm (tinggi) x 30 cm (panjang) x 10 cm (lebar) dengan berat tidak lebih dari tujuh kilogram.

“Barang bawaan yang di luar ketentuan tersebut akan dibagasikan. AirAsia menyediakan jatah bagasi gratis sebesar 15 kilogram untuk penerbangan domestik,” kata Achmad Sadikin melalui keterangan resminya di Jakarta pada Selasa (16/6/2020).

Achmad menuturkan, kebijakan ini diambil sebagai upaya melindungi dan memastikan kesehatan para tamu dan staf AirAsia, sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah serta otoritas penerbangan sipil dan badan kesehatan setempat dan global, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: AirAsia Akui Harga Tiketnya Sudah Rendah, Harga Tiket Lion Air Segera Turun

"Seluruh staf kami termasuk pilot dan awak kabin AirAsia telah menjalani pelatihan intensif terkait prosedur keselamatan penerbangan yang senantiasa diperbarui sesuai dengan perkembangan kebijakan terbaru sebagai persiapan menjelang pengoperasian kembali penerbangan kami," katanya.

Selain mengatur soal barang bawaan penumpang, kata Achmad, pihaknya juga mengimbau untuk semua tamu wajib menjalankan pemeriksaan suhu tubuh, memperhatikan marka jaga jarak aman dan menggunakan masker sebelum, selama, dan sesudah penerbangan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x