Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jumlah Wisatawan hingga Akhir Tahun di Indonesia Diprediksi Capai 800 Juta

Kompas.tv - 26 Desember 2022, 23:05 WIB
jumlah-wisatawan-hingga-akhir-tahun-di-indonesia-diprediksi-capai-800-juta
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat ditemui di kawasan Jakarta Utara, Sabtu (10/12/2022). (Sumber: ANTARA)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara ke sejumlah di Indonesia diprediksi akan tembus hingga 800 juta saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan pemerintah optimistis bisa mencapai 703 juta pergerakan dari wisatawan nusantara.

Untuk wisatawan mancanegara setidaknya mencapai 5,3 juta pergerakan.

Pemerintah optimistis target itu dapat tercapai karena pencarian kegiatan berwisata di Indonesia sudah di atas 2,8 miliar, angka ini unggul dari Thailand, Vietnam dan Malaysia.

"Harapannya pergerakan wisatawan ini akan menembus 800 juta dan angka 800 juta ini berarti di atas dari batas atas atau target optimis 703 juta pergerakan wisatawan nusantara," kata Sandiaga Uno saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/12/2022), dikutip dari Antara.

Dalam sepekan ke depan, pemerintah masih melihat pergerakan wisatawan selama libur Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga: Bandung Padat di Libur Natal, Wisatawan Penuhi Jalan Asia Afrika!

Sandiaga mengatakan perjalanan pariwisata selama libur Natal 2022 dan menjelang Tahun Baru 2023 sejauh ini berjalan lancar dengan pergerakan 44-45 juta wisatawan.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada Menteri Perhubungan untuk menambah slot penerbangan untuk mengakomodasi pergerakan wisatawan yang diperkirakan meningkat menjelang pergantian tahun.

Sementara itu, Sandiaga merinci slot penerbangan akan ditambah di sejumlah bandara utama, seperti di Jakarta (CGK), Bali (DPS), Surabaya (SUB), (YIA) dan Kualanamu (KNO), serta penambahan slot di destinasi wisata.

"Sementara untuk yang ke destinasi wisata Wakatobi, Morotai dan penambahan penerbangan ke Danau Toba dan Likupang, Sulawesi Utara," kata Sandiaga.

Adapun tiga daerah wisata dengan kunjungan wisatawan tertinggi yakni Bali, Yogyakarta, dan Bandung.

Sementara untuk wisatawan mancanegara terbanyak dari Australia, Singapura dan Malaysia.

Baca Juga: Besok KM Kelimutu ke Karimunjawa, Jemput Ratusan Wisatawan yang Tertahan karena Gelombang Tinggi


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x