Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ganjar: Tetangga Kiri-Kanan Kurangi Produksi, tapi 97 Perusahaan Relokasi ke Jateng

Kompas.tv - 9 Desember 2022, 06:02 WIB
ganjar-tetangga-kiri-kanan-kurangi-produksi-tapi-97-perusahaan-relokasi-ke-jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, 97 perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

SEMARANG, KOMPAS.TV- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyebut,  97 perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

Menurut Ganjar, relokasi bahkan ekspansi pabrik tersebut merupakan bukti kepercayaan para investor kepada Pemprov Jateng.

Oleh karena itu, kepercayaan para investor harus terus dijaga di tengah kondisi seperti ini, salah satunya adalah menjaga situasi industri yang kondusif di Jateng.

“Hingga akhir tahun ini setidaknya sudah ada 97 perusahaan yang merelokasi pabriknya ke berbagai daerah di Jateng,” kata Ganjar di Semarang, seperti dikutip dari Antara, Kamis (8/12/2022). 

“Ini mesti dijaga dan kami juga sudah mendapatkan informasi beberapa pabrik yang ada di tetangga kiri-kanan sudah mengurangi produksi. Menariknya di Jawa Tengah masih stabil bahkan kemarin kurang lebih ada 97 perusahaan yang relokasi ke Jateng, gede itu,” lanjutnya. 

Baca Juga: Daftar UMK 27 Kabupaten Kota di Jawa Barat 2023, Kab. Karawang Tertinggi, Kota Banjar Terendah

Ia menjelaskan, dengan semakin banyak industri masuk ke Jateng, serapan tenaga kerja makin banyak, perimbangan akan terjadi. 

Perimbangan yang dimaksud, salah satunya berkaitan dengan upah minimum kabupaten/kota (UMK) yang nanti tidak terpaut jauh antara daerah satu dengan lainnya.

“Tentu saja itu akan terjadi jika produktivitas dan kapasitas industri terus terjaga atau konsisten,” ujar Ganjar. 

Salah satu alasan banyak perusahaan merelokasi pabriknya ke Jateng, adalah karena upah buruh di Jateng lebih murah. Misalnya dibanding Jawa Barat, untuk UMK 2023 tertinggi di provinsi itu adalah Rp5,1 juta. Yakni di Kabupaten Karawang dan Bekasi. 

Sedangkan di Jateng, UMK 2023 tertingginya adalah Kota Semarang sebesar Rp3 juta.

Baca Juga: UMK Jateng 2023 Sah! Cek Daftar Upah 35 Kabupaten/Kota dari Cilacap Sampai Tegal

Selain itu, lanjut Ganjar, konsistensi dalam menjaga produktivitas yang didukung dengan situasi kondusif wilayah itu, juga menjadi jaminan bermunculannya industri baru di Jawa Tengah.



Sumber : Antara, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x