Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Setelah Inggris dan Rusia, 19 Negara Uni Eropa Berpotensi Menyusul Masuk ke Jurang Resesi

Kompas.tv - 18 November 2022, 10:54 WIB
setelah-inggris-dan-rusia-19-negara-uni-eropa-berpotensi-menyusul-masuk-ke-jurang-resesi
Seorang perempuan yang memakai payung berdiri di depan gedung Bank Inggris di distrik keuangan London, Kamis, 3 November 2022. Resesi yang dialami Rusia dan Inggris, dua negara di luar Uni Eropa, diproyeksi akan segera menular ke negara-negara Uni Eropa lainnya. (Sumber: AP Photo/Kin Cheung)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rusia dan Inggris jatuh ke dalam jurang resesi setelah pertumbuhan ekonomi minus untuk dua kuartal berturut-turut. Resesi yang dialami dua negara di luar Uni Eropa itu diproyeksi akan segera menular ke negara-negara Uni Eropa lainnya. 

Bank Sentral Eropa (ECB) melihat kemungkinan peningkatan resesi di 19 negara yang menggunakan mata uang euro.

Penyebab utamanya adalah melonjaknya harga energi dan inflasi tinggi akibat perang Rusia di Ukraina. Hal itu meningkatkan risiko kerugian perbankan dan gejolak di pasar keuangan.

“Masyarakat dan perusahaan sudah merasakan dampak kenaikan inflasi dan perlambatan aktivitas ekonomi,” kata Wakil Presiden ECB Luis de Guindos seperti dilansir Associated Press, Jumat (18/11/2022). 

"Risiko terhadap stabilitas keuangan telah meningkat, sementara resesi teknis di kawasan euro menjadi lebih mungkin terjadi," ujar de Guindos. 

Data yang terdapat dalam laporan ECB yang dirilis pada Rabu (16/11/2022) menunjukkan, peluang terjadinya resesi di zona euro dan Inggris Raya pada setahun depan sebesar 80 persen dan di Amerika Serikat sebesar 60 persen.

Baca Juga: Putin Mumet, Rusia Dilaporkan Susul Inggris Masuki Resesi Ekonomi


Ada 27 negara yang menjadi anggota Uni Eropa. Lebih dari setengahnya mengalami inflasi dua digit pada Oktober lalu, yaitu Jerman 11,6 persen, Belanda 16,8 persen, Italia 12,8 persen, dan Slowakia 14,5 persen. 

Di wilayah Baltik, seperti Estonia-Lihtuania-Latvia bahkan inflasinya mencapai 21 persen. Sementara Prancis inflasinya paling rendah di kawasan Uni Eropa yaitu 7,1 persen. 

Apa yang dialami Rusia dan Inggris disebut sebagai resesi teknis. Banyak ekonom dan Komisi Eksekutif Uni Eropa telah memperkirakan resesi teknis selama tiga bulan terakhir tahun ini dan paruh pertama tahun depan, karena harga utilitas yang tinggi dan biaya makanan merampas daya beli konsumen.

Resesi teknis terjadi saat output ekonomi turun selama dua kuartal atau lebih secara berturut-turut. Namun ekonom di komite penanggalan siklus bisnis zona euro, menggunakan informasi yang lebih luas untuk menentukan resesi, seperti angka pengangguran dan kedalaman penurunan produk domestik bruto (PDB). 

Ekonomi zona euro tumbuh 0,2 persen pada periode Juli-September 2022. Ekspektasi para ekonom adalah bahwa pertumbuhan akan berlanjut pada musim semi berikutnya karena inflasi turun dari tingkat puncaknya dan tekanan pada pasokan gas alam saat musim dingin mereda.



Sumber : KOMPAS TV/Associated Press


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x