Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Mengenal SIBA Center, Sentra UMKM Binaan PT Bukit Asam di Tanjung Enim

Kompas.tv - 11 Oktober 2022, 18:34 WIB
mengenal-siba-center-sentra-umkm-binaan-pt-bukit-asam-di-tanjung-enim
SIBA Rosela merupakan salah satu merek unggulan SIBA Center yang menghasilkan aneka produk berbahan baku rosela seperti teh. (Sumber: Dok. PT Bukit Asam Tbk)
Penulis : Meirna Larasati

 

KOMPAS.TV – Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) yang adalah bentuk kepedulian PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dalam menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar, terutama bagi yang terdampak Covid-19. Tempat yang juga umum disebut SIBA Center ini terletak di Kelurahan Tanjung Enim, Sumatra Selatan.

Program SIBA sendiri sudah menjadi perwujudan Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA yang telah terbentuk sejak 2013.

Tujuan utamanya antara lain memberdayakan masyarakat, menumbuhkan kemandirian ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan.

Bukan hanya sekadar tempat berkumpulnya UMKM binaan PTBA saja, SIBA Center sudah menghasilkan sejumlah brand tersendiri, seperti SIBA Kopi, SIBA Songket, hingga SIBA Rosela.

Baca Juga: Bangkitkan Potensi Tayan, Antam UBP Bauksit Kalbar Kelola Sejumlah Program CSR

SIBA Rosela merupakan salah satu merek unggulan SIBA Center yang menghasilkan aneka produk berbahan baku rosela seperti teh.

Kegiatan pengolahan teh di SIBA Rosela diawali dengan pemetikan rosela. Pada proses ini, biasanya satu pohon dapat menghasilkan sebanyak lima hingga sepuluh kilogram rosela.

Selanjutnya, dilakukan proses pengelupasan kelopak rosela hingga terpisah dari bijinya. Dalam satu kali puncak panen, proses pengelupasan dapat mencapai total 500 kg rosela.

Setelah dikelupas, kelopak rosela akan dicuci dan langsung dikeringkan di atas tampah selama lima hari. Uniknya, terdapat dua jenis kelopak dengan warna yang berbeda, yaitu ungu dan merah.

Perbedaannya, kelopak rosela yang berwarna merah dipercaya memiliki khasiat lebih tinggi. Sementara itu, kelopak rosela warna ungu dapat mempercantik warna hasil olahan rosela nanti.

Setelah dikeringkan, kelopak kemudian diblender dan dijadikan bubuk-bubuk teh lalu dimasukkan ke kantong teh sehingga siap untuk dikonsumsi.

Produk SIBA Rosela tidak hanya dapat dijadikan sebagai teh saja, tetapi juga nastar, pai, puding, bahkan sambal.

Produk sambal bahkan dapat diturunkan menjadi produk geprek rosela, nasi kebuli, hingga nasi bakar. Beragam produk kreatif ini dapat dibeli dengan mengunjungi SIBA Rosela.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x