Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Inflasi Nyaris 100 Persen, Warga Argentina Rela Keluar Uang Banyak Untuk Beli Stiker Piala Dunia

Kompas.tv - 11 Oktober 2022, 14:56 WIB
inflasi-nyaris-100-persen-warga-argentina-rela-keluar-uang-banyak-untuk-beli-stiker-piala-dunia
Stiker atau figuritas pemain Piala Dunia yang tengah digandrungi rakyat Argentina. Meski inflasi hampir 100 persen, mereka rela keluar uang jutaan rupiah untuk membeli stiker. (Sumber: The New York Times )
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

BUENOS AIRES, KOMPAS.TV- Rakyat Argentina kini tengah terhimpit kenaikan harga-harga dan biaya hidup, akibat inflasi yang hampir mencapai 100 persen. Banyak warga yang melakukan barter barang dengan makanan, karena uang mereka tidak cukup untuk membelinya. 

Namun, rakyat Argentina sepertinya tidak keberatan menghabiskan uang mereka untuk segala sesuatu tentang sepak bola dan Piala Dunia 2022. Salah satunya adalah mengoleksi stiker para pemain bola yang disebut figuritas. 

Mengutip dari The New York Times, Selasa (11/10/2022), perusahaan asal Italia, Panini, adalah produsen stiker seukuran telapak tangan  yang beredar di Argentina. Setiap ada Piala Dunia, stiker Panini pasti diminati rakyat Argentina. Namun tahun ini, terjadi sesuatu yang berbeda. 

Figuritas menjadi sulit ditemukan, kalaupun ada harganya mahal. Sedangkan warga Argentina sangat antusias mengkoleksi stiker, karena mereka berharap tahun ini Tim Tango bisa menjadi juara di Qatar, setelah sebelumnya menjadi juara Copa America.

Baca Juga: Inflasi Argentina Dekati 100 Persen, Presiden Fernandez Copot 3 Menteri Dari Jabatannya

Ditambah lagi, Piala Dunia Qatar adalah yang terakhir untuk mega bintang mereka, Lionel Messi. Dan menariknya, stiker figuritas punya harga jual kembali yang tinggi. Sehingga menjadi sebuah alat investasi di tengah besaran upah yang tak lagi mencukupi kebutuhan. Hal itu bahkan memicu banyaknya figuritas palsu yang beredar. 

Dalam kondisi normal, 1 bungkus (5 stiker) figuritas dijual seharga 150 atau 1 dollar AS (Rp15.000). Namun saat ini harganya naik mencapai 200 pesso per bungkus. Sedangkan harga untuk album yang berisikan sekitar 600 stiker itu dijual sekitar 20.000 peso (Rp2 juta).

Bahkan figuritas Messi, ada yang menjual hingga 60.000 peso atau 403 dollar AS (Rp6 juta). Hampir setara dengan upah minimum Argentina. 

 Kementerian Perdagangan Argentina sampai repot-repot mengadakan pertemuan dengan pihak produsen dan distributor untuk mengatasi kelangkaan figuritas. 

Baca Juga: Barter Kembali Marak di Argentina Menyusul Inflasi yang Menggila hingga Puluhan Persen



Sumber : Kompastv/the new york times


BERITA LAINNYA



Close Ads x