Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Daftar 5 Kilang Minyak Terbesar di Indonesia, Cilacap Nomor 1, Ada yang Produksi Pertalite

Kompas.tv - 4 September 2022, 14:54 WIB
daftar-5-kilang-minyak-terbesar-di-indonesia-cilacap-nomor-1-ada-yang-produksi-pertalite
Foto ilustrasi kilang minyak Cilacap, Jawa Tengah. Pemerintah telah menetapkan kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi per 3 September 2022. (Sumber: Kompas.com/Pertamina)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah telah menetapkan kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi per 3 September 2022.

Kebijakan tersebut diambil lantaran tingginya harga minyak dunia yang menyebabkan subsidi BBM dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terus membengkak.

Baca Juga: Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax Naik, Ini Cara Menghemat Bensin agar Tak Boros

Sebelum menjadi BBM siap pakai, minyak bumi harus diolah terlebih dahulu di tempat bernama kilang minyak.

Kilang minyak merupakan fasilitas industri pengolahan minyak mentah menjadi produk petrolium yang siap digunakan maupun produk bahan bakar minyak lainnya.

Rupanya, Indonesia sebagai salah satu negara penghasil minyak mentah memiliki lima kilang minyak dengan kapasitas besar.

Berikut ini daftar lima kilang minyak terbesar di Indonesia dilansir dari Kompas.com:

1. Cilacap, Jawa Tengah

Kilang minyak Cilacap atau Refinery Unit IV Cilacap merupakan kilang minyak terbesar di Indonesia sekaligus yang terlengkap fasilitasnya. 

Kilang minyak yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki kapasitas produksi terbesar, yakni mencapai 348.000 barel per hari. 

Kilang minyak ini bernilai strategis karena memasok 34 persen kebutuhan BBM nasional atau 60 persen BBM di Pulau Jawa. 

Selain BBM, kilang minyak Cilacap juga memproduksi aspal dan base oil untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Baca Juga: Siap-Siap! Tarif Angkutan Umum Bakal Naik Susul Harga BBM Subsidi, Sudah Dipastikan Organda

2. Balikpapan, Kalimantan Timur 

Kilang minyak terbesar kedua di Indonesia terletak di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur dengan nama Refinery Unit V Balikpapan. 

Kapastitas produksi kilang minyak Balikpapan ini mencapai 260.000 barel per hari, dan memasok 26 persen kebutuhan BBM di Indonesia. 

Kilang minyak Balikpapan ini memproduksi produk BBM seperti Premium, Solar, Pertadex, dan Pertamax, serta non-BBM seperti Smooth Fluid 05 dan LPG. 

Produk yang dihasilkan dari kilang minyak Balikpapan ini digunakan untuk memasok kebutuhan dalam negeri, khususnya wilayah Indonesia bagian Timur.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x