Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Menteri Keuangan Sri Mulyani Berulang Tahun Hari Ini, Warganet Turut Ucapkan Selamat dan Doa

Kompas.tv - 26 Agustus 2022, 10:34 WIB
menteri-keuangan-sri-mulyani-berulang-tahun-hari-ini-warganet-turut-ucapkan-selamat-dan-doa
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berulang tahun pada hari ini, Jumat (26/8/2022). Perempuan kelahiran Lampung itu pun mendapat banyak ucapan selamat di media sosial pada usianya yang genap 60 tahun.

Satu di antaranya adalah ucapan dari Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo yang diunggah lewat akun twitternya, @prastow.

“Hari ini, 26 Agustus 2022, Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani Indrawati genap berusia 60 tahun. Semoga Bu SMI selalu sehat, bahagia, dan tetap tangguh menahkodai keuangan negara menuju Indonesia maju, adil, sejahtera. #SMI60Tahun #hbdSMI” tulisnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Soal Tambahan Subsidi BBM Rp198 T: Dari Mana Anggarannya?

Twit tersebut turut mengundang ucapan selamat dan doa dari warganet.

“Sugeng ambal warso Bu SMI, semoga sll diberi kesehatan, kebahagiaan dan selalu kuat untuk membuat NKRI lebih baik.." tulis sebuah akun.

“Sugeng ambal Warsa Bu Sri Mulyani Indrawati semoga berkah umur sehat dan tetep amanah menjaga negara ini," tulis akun lainnya.

“Selamat Ulang Tahun Bu Sri Mulyani, semoga berkah di usia yg bertambah, sehat sll dan tetap inovatif dlm mengelola keuangan negara agar makin kuat dan sehat, dan sebisa mgkn utang2 bs makin dkurangi agar ekonomi kita bs mandiri," kata sebuah akun.

Profil Sri Mulyani Indrawati

Menurut laman resmi Kementerian Keuangan, Sri Mulyani lahir di Tanjung Karang, Lampung pada 26 Agustus 1962.

Ia meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia pada 1986. Sri Mulyani lalu melanjutkan pendidikannya di University of Illinois at Urbana Champaign, Amerika Serikat dan mendapatkan gelar Master of Science of Policy Economics pada 1990.

Setelah itu, ia mendapatkan gelar Ph.D. in Economics pada 1992.

Pada 21 Oktober 2004, Sri Mulyani mendapatkan penugasan pertama di kabinet sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Selanjutnya, pada 5 Desember 2005, dia dilantik menjadi Menteri Keuangan.

Pada 2008, ia menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian setelah Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Kemudian pada 1 Juni 2010, Sri Mulyani menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Pada 27 Juli 2016, ia dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Keuangan kembali dalam Kabinet Kerja.

Tanggal Oktober 2019, Sri Mulyani terpilih kembali untuk menjabat Menteri Keuangan pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo. Jabatan ini adalah jabatan Menteri Keuangan keempat kalinya bagi Sri Mulyani pada kabinet yang berbeda.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x