Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Hindari 7 Kesalahan Saat Berlibur, Agar Pulang Liburan Tidak Tambah Pusing

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 13:16 WIB
hindari-7-kesalahan-saat-berlibur-agar-pulang-liburan-tidak-tambah-pusing
Ilustrasi. Situgunung Suspension Bridge di Sukabumi, Jawa Barat, yang kini tengah jadi salah satu destinasi wisata favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk berlibur. (Sumber: Kompas.tv/Dina Karina )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Zaman sekarang, liburan bukan lagi kebutuhan manusia untuk istirahat sejenak dari hiruk pikuknya hidup. Liburan kini sudah menjadi gaya hidup, bahkan dengan embel-embel "healing".

Menjadikan liburan sebagai lifestyle tentu tak ada salahnya, selama keuangan tetap aman dan bisa semakin bahagia setiap habis berlibur. Bukannya malah tambah stres karena uang habis dan utang menumpuk.

Nah, simak 7 kesalahan yang harus dihindari saat liburan yang juga bisa menjadi tips liburan aman dan menyenangkan, yang dikutip dari Antara, Rabu (1/6/2022):

    1. Memesan Tiket Pesawat Mendekati Musim Liburan

Tentu sudah banyak orang memahami jika harga tiket pesawat akan meningkat saat mendekati high season atau musim liburan. Alasannya sederhana, yakni karena ada lebih banyak orang yang membeli tiket pesawat untuk pergi berlibur. Oleh sebab itu, usahakan memesan tiket pesawat untuk liburan jauh-jauh hari agar harganya lebih terjangkau.

Baca Juga: Digital Nomad Kini Bisa Kerja sekaligus Liburan di Kepulauan Seribu, Pemprov DKI Siapkan Fasilitas

Menurut suatu survei, pembelian tiket pesawat untuk berlibur idealnya dilakukan 47 hari sebelum keberangkatan atau sebelum high season. Dalam jarak waktu tersebut, biasanya tiket pesawat masih dibanderol dengan harga yang normal atau belum terlalu ditinggikan. 

Di samping itu, hindari membeli tiket pesawat dengan jadwal penerbangan sore hari. Seb, penerbangan di jam tersebut cenderung mengalami delay serta harga tiketnya relatif lebih tinggi karena banyak orang memilih jam penerbangan setelah lunch atau makan siang. 

    2. Abai dengan Biaya Roaming Kartu Seluler

Jika melakukan perjalanan ke negara lain, pastikan untuk menggunakan kartu seluler dan paket internet yang bisa diaktifkan di sana. Beberapa provider seluler umumnya akan mengenakan biaya roaming yang lebih mahal saat layanannya digunakan dari luar negeri.

Agar lebih hemat, tidak ada salahnya beralih ke aplikasi messaging gratis jika ingin berkomunikasi dengan keluarga di rumah, seperti WhatsApp, Zoom, atau Skype. 

    3. Terlalu banyak Membawa Barang

Kesalahan lainnya yang sering kali membuat bengkak budget liburan adalah terlalu banyak membawa barang di bagasi atau koper. Saat koper overweight, Anda akan dikenakan dengan biaya tambahan yang lumayan tinggi.

Baca Juga: Safari Beach, Pilihan Warga Saat Liburan Lebaran



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x