Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Gubernur Aceh Keluhkan Harga Tiket Pesawat yang Tembus Rp9,6 Juta Sekali Jalan, Ini Jawaban Kemenhub

Kompas.tv - 28 April 2022, 22:47 WIB
gubernur-aceh-keluhkan-harga-tiket-pesawat-yang-tembus-rp9-6-juta-sekali-jalan-ini-jawaban-kemenhub
Ilustrasi maskapai penerbangan Garuda Indonesia sedang mengangkut penumang di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh. (Sumber: Dok. Dishub Pemprov Aceh)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

ACEH, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi Aceh melakukan sejumlah cara agar harga tiket pesawat dari dan menuju Aceh dapat normal kembali. 

Tak hanya itu, Pemprov Aceh juga menyurati maskapai Garuda Indonesia dan Air Asia untuk membuka rute penerbangan Banda Aceh-Medan. Sebab, selama ini rute penerbangan tersebut hanya dibuka satu maskapai penerbangan, yakni Wings Air.

Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA menjelaskan, Gubernur Aceh Nova Iriansyah telah mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi pada 11 April 2022.

Baca Juga: Gubernur Aceh Surati Presiden Jokowi Soal Tiket Pesawat dari dan Menuju Aceh Bisa Tembus Rp9,6 Juta

Isi surat tersebut yakni permohonan agar Garuda Indonesia kembali melayani penerbangan dari dan menuju Banda Aceh-Medan.

Kemudian pada 14 April 2022, Gubernur juga menyurati Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Surat tersebut berisi permohonan dilakukannya evaluasi terhadap tarif penerbangan rute dari dan menuju Banda Aceh-Medan yang hanya dilayani satu maskapai, yakni Wings Air.

Masih di tanggal yang sama, Gubernur Nova juga menyurati Air Asia untuk membuka kembali penerbangan dari dan ke Banda Aceh-Medan.

Menurut Muhammad, Pemprov Aceh telah mendapat surat balasan dari Kemenhub terkait tingginya harga tiket pesawat dari dan menuju Aceh.

Baca Juga: Terapkan Fuel Surcharge Di Tiket Pesawat, Dirut Garuda Indonesia Sebut Harga Tetap Kompetitif

Berdasarkan penelusuran di situs penjualan online, harga tiket Jakarta-Aceh bisa mencapai Rp9,6 juta per orang untuk sekali jalan. Padahal, normalnya, harga tiket hanya Rp2,6 juta per orang untuk sekali jalan.

"Secara khusus dapat kami sampaikan juga, dari informasi yang kami dapatkan dari Kementerian Perhubungan. Selain lonjakan penumpang jelang Lebaran, harga avtur pesawat juga berdampak terhadap kenaikan harga tiket penumpang," ujar MTA, Kamis (28/4/2022), dikutip situs resmi Pemprov Aceh. 

Muhammad menambahkan, surat Gubernur Aceh kepada Air Asia juga telah mendapat balasan. Menurutnya, maskapai Air Asia telah menyambut baik terkait pembukaan rute penerbangan Banda Aceh-Medan. 

Baca Juga: Dapat Lampu Hijau Dari Kemenhub, Siap-Siap Harga Tiket Pesawat Naik

Saat ini, pihak dinas perhubungan telah mengagendakan pertemuan antara Gubernur Aceh dengan pihak Air Asia untuk menindaklanjuti respons positif tersebut. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x