Kompas TV bisnis kebijakan

Jokowi Ingin Penerbangan Bandara Trunojoyo Diaktifkan pada Mudik Lebaran 2022

Kompas.tv - 20 April 2022, 10:31 WIB
jokowi-ingin-penerbangan-bandara-trunojoyo-diaktifkan-pada-mudik-lebaran-2022
Presiden Jokowi saat meresmikan Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

SUMENEP, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk langsung memberdayakan Bandar Udara Trunojoyo yang baru saja diresmikan untuk mudik Lebaran 2022.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi saat meresmikan Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022).

“Saya minta ini karena sudah hampir menjelang hari raya Idul Fitri, Saya minta Pak Menteri Perhubungan agar diusahakan ada penerbangan yang dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep untuk kita coba,” kata Presiden Jokowi.

“Apakah penuh atau tidak penuh penumpangnya, menurut saya penuh, InshaAllah penuh,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi memastikan jika Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep yang telah selesai dibangun siap dimanfaatkan bagi masyarakat di Pulau Madura dan pulau lain di sekitarnya.

Baca Juga: Ke Jatim, Presiden Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo Hingga Luncurkan Holding Industri Pertahanan

“Bandara ini akan sangat penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Madura dan membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Pulau Madura,” ujarnya.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi menuturkan dengan keberadaan Bandara Trunojoyo juga dapat membuat masyarakat mempersingkat waktu perjalanan dari yang sebelumnya berhari-hari menjadi satu jam.

“Bandara ini juga akan memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau di sekitar pulau Madura yang jika menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari dan sekarang dengan menggunakan pesawat hanya perlu satu jam saja,” ucapnya.

Jokowi lebih lanjut optimistis dengan adanya Bandara Trunojoyo konektivitas dan mobilitas masyarakat akan semakin baik dan dapat memunculkan peluang-peluang ekonomi baru.

“Saya yakin dengan konektivitas yang semakin baik, mobilitas masyarakat akan semakin mudah dan semakin lancar, dan titik-titik perekonomian baru akan tumbuh, usaha baru juga InshaAllah akan bermunculan dan kesempatan kerja baru juga akan bertambah,” katanya.

Baca Juga: Peringati Nuzulul Qur'an, Presiden Jokowi: Keberagaman Harus Kita Jaga untuk Bangun Kebersamaan

“Di samping itu usaha-usaha yang sekarang sudah ada juga akan semakin berkembang dan akan semakin maju,” lanjutnya.

Dalam harapannya lebih lanjut, Presiden Jokowi menginginkan agar Bandara Trunojoyo dapat dimanfaatkan dan dijaga sebaik-baiknya.

“Dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing daerah, menggerakkan ekonomi masyarakat agar membuat masyarakat lebih sejahtera,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi meresmikan Bandara Trunojoyo menggunakan blankon berwarna merah khas Sumenep, Madura.

Turut mendampingi Presiden dalam Peresmian antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x