Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ini Dia 6 Orang Terkaya di RI yang Berusia Muda

Kompas.tv - 16 Desember 2021, 11:58 WIB
ini-dia-6-orang-terkaya-di-ri-yang-berusia-muda
PT Bank Jago Tbk. mengantarkan pemiliknya Jerry Ng yang berusia 56 tahun, menjadi orang terkaya ke-12 di Indonesia versi Forbes. Padahal tahun lalu, Jerry masih menempati peringkat 44 (16/12/2021). (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Forbes Indonesia kembali merilis daftar 50 orang terkaya di tanah air tahun 2021. Menurut Forbes, kekayaan 50 orang tersebut tahun ini menjadi 162 miliar dollar AS atau sekitar Rp2.316 triliun. Naik 21 persen dibanding tahun 2020, yang sebesar 133 miliar dollar AS.

Penyebab melesatnya harta para taipan itu adalah kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia yang mencapai 19 persen, sepanjang 2020. Sebagai informasi, salah satu penyumbang utama pundi-pundi orang terkaya adalah kepemilikan saham di perusahaan yang melantai di BEI.

Forbes juga memperoleh informasi dari keluarga dan perorangan, bursa saham, analis, dan sumber-sumber lainnya. Peringkat tersebut mencantumkan kekayaan individu dan keluarga, termasuk yang dibagi di antara kerabat.

Diantara 50 orang tersebut, ada 6 pengusaha yang tergolong berusia muda namun sudah menjadi konglomerat. Mengutip dari Kompas.com, berikut adalah 6 pengusaha muda yang masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia:

Baca Juga: Wuih, Total Harta 50 Orang Terkaya Indonesia Capai Rp2.316 T!

1. Ciliandra Fangiono

Ciliandra Fangiono berusia 45 tahun dan menempati posisi ke-24 orang terkaya Indonesia. Ia merupakan CEO First Resources Ltd, perusahaan yang tercatat di bursa efek Singapura yang banyak menguasai ratusan ribu hektar lahan sawit di Indonesia.

Perusahaan tersebut adalah warisan dari ayahnya, Martias, yang merintis First Resources sejak 20 tahun lalu. Perusahaan ini memiliki puluhan pabrik pengolahan sawit yang banyak tersebar di Sumatera dan Kalimantan.

Total kekayaan Ciliandra 1,83 miliar dollar AS atau setara dengan Rp26,2 triliun.

Ciliandra sempat meniti karir di divisi perbankan investasi Merrill Lynch di Singapura. Dia tercatat sebagai Senior Scholar di bidang Ekonomi dan pernah dianugerahi PriceWaterhouse Book saat masih berada di Universitas Cambridge.

2. Arini Subianto

Arini Saraswaty Subianto, 50 tahun, memiki kekayaan sebesar 975 juta dollar AS (sekitar Rp 14 triliun) atau berada di urutan ke-44 pengusaha paling tajir se-Indonesia.

Baca Juga: Utang Global Capai 225 Triliun Dollar AS, Rekor Tertinggi Sejak Perang Dunia 2

Arini adalah bos dari Persada Capital Investama yang bergerak di sektor perkebunan sawit, investasi, pertambangan batu bara, dan pengolahan kayu.

Ia meneruskan bisnis perusahaan sang ayah yang wafat pada Januari 2017 lalu. Persada Capital tercatat juga menjadi salah satu pemegang saham Adaro, perusahaan penambang batu bara terbesar di Indonesia.

3. John Kusuma




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x