Kompas TV bisnis perbankan

Ekspor Porang Indonesia Tiba-tiba Terhenti, Vietnam dan Thailand Diduga Bakal Ikutan Ekspor

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 20:25 WIB
ekspor-porang-indonesia-tiba-tiba-terhenti-vietnam-dan-thailand-diduga-bakal-ikutan-ekspor
Ribuan irisan porang sedang dijemur. (Sumber: Kompas.com/Muhlis Al Alawi)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Vyara Lestari

SEMARANG, KOMPAS.TV – Ekspor umbi porang dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah terhenti karena Vietnam dan Thailand sebagai negara tempat transit sebelum menuju China, menutup pintu perdagangan komoditas tersebut.

Koordinator Fungsional Tumbuhan Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang Heri Widarta mengatakan, terakhir kali ekspor porang dari Tanjung Emas yakni pada ekspor raya 14 Agustus 2021. Setelah itu, eksportir di Jateng belum lagi mengirim porang.

"Dua bulan terakhir ini, Vietnam dan Thailand tiba-tiba menutup. Alasannya masih belum jelas. Ini terkait juga dengan China karena dari kedua negara itu (porang) juga nantinya dikirim ke China. Pasarnya ada di China. Mungkin akan ada pembicaraan antarpemerintah (negara)," ujar Heri, Senin (4/10/2021), seperti dikutip dari Kompas.id.

Pada ekspor raya pertanian Agustus lalu, dari Jateng diekspor 327 ton porang ke Vietnam dan Thailand, senilai Rp17,4 miliar.

Baca Juga: Dibanggakan Jokowi Ekspornya Terus Naik, Ketahui Apa itu Porang, Manfaat dan Nilai Bisnis

Menurut Heri, hampir semua daerah di Jateng memproduksi umbi porang. Adapun tempat pengolahan antara lain terdapat di Semarang, Grobogan, Kendal, dan Rembang.

"Saat ini dari Jateng memang baru mengirim dalam bentuk kering atau chip. Porang sendiri dapat diolah menjadi tepung hingga mi dan beras (shirataki)," kata Heri.

Dampak

Sri Astuti dari PT Ramadhika Jaya Mandiri selaku eksportir menuturkan, dari informasi yang ia terima, penutupan perdagangan itu juga dampak pandemi Covid-19 di negara-negara tujuan. Saat ini, porang yang ia kirim ke China, sebanyak 4 kontainer, masih tertahan di Vietnam.

"Dampaknya ke cashflow (arus kas). Selain itu, harga porang juga sedang jatuh. Tahun lalu sempat sampai Rp60.000 per kilogram (kg), tetapi saat ini hanya Rp37.000 per kg. Yang kasihan petani, karena Indonesia belum bisa mengirim barang jadi," katanya.

Astuti berharap, pemerintah Indonesia segera melakukan kerja sama dengan China agar bisa mengekspor porang secara langsung tanpa melalui negara lain. Dengan demikian, biaya pengiriman dapat ditekan.

Baca Juga: Rendah Kalori, Karbohidrat dan Gula, Jokowi Sebut Porang Makanan Masa Depan

 



Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x