Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Dibanggakan Jokowi Ekspornya Terus Naik, Ketahui Apa itu Porang, Manfaat dan Nilai Bisnis

Kompas.tv - 20 Agustus 2021, 13:29 WIB
dibanggakan-jokowi-ekspornya-terus-naik-ketahui-apa-itu-porang-manfaat-dan-nilai-bisnis
Tanaman umpi porang (Amorphophallus mueleri blume) yang bernilai ekspor tinggi (Sumber: sonora.id)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Porang yang juga dikenal dengan nama iles-iles merupakan tanaman jenis umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus mueleri blume. Tanaman porang ini sedang naik daun di Indonesia lantaran ternyata bernilai milyaran rupiah.

Bahkan, namanya makin mencuat berkat kisah sukses petaninya. Sebelumnya, petani porang di desa Kepel, Jawa Timur berhasil menjadi miliader karena bisnis ekspor porang ini.

Presiden Joko Widodo pun terkesan dan bangga dengan hasil pertanian ini yang sudah diekspor ke Jepang dan China ini . "Saya tadi menanyakan per hektar bisa menghasilkan berapa ton? Disampaikan bahwa satu hektar bisa 15-20 ton," kata Presiden Jokowi di Madiun, Jawa Timur. 

Melansir dari website pertanian.go.id, Umbi Porang merupakan komoditas utama tanaman pangan yang berorientasi ekspor. Saat ini, Indonesia mengekspor porang dalam bentuk chips (irisan tipis), kemudian di negara tujuan diolah kembali sebagai bahan pangan dan kosmetik.

Adapun, permintaan porang banyak berasal dari Jepang, Tiongkok, Vietnam dan Australia dengan total ekspor porang sekitar 11.170 ton.

Manfaat porang

Porang biasanya dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan tepung konjak atau tepung glucomannan. Tepung ini yang kemudian dipakai sebagai bahan utama olahan shirataki, mi bening yang banyak dikonsumsi di Asia Pasifik.

Berbeda dengan tepung terigu atau tepung beras, konjak sendiri dikenal memiliki banyak serat. Itu sebabnya shirataki berbahan dari konjak memiliki rasa lebih kenyal tetapi  kandungan karbohidrat lebih sedikit.

Mi shirataki ini juga seringkali dipakai untuk mi ramen di Jepang. Popularitas shirataki juga terus meningkat karena dipercaya sebagai menu diet dan gaya hidup sehat.

Baca Juga: Kadar Gula Sangat Rendah, Presiden Jokowi Sebut Porang Bisa Gantikan Beras



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.