Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Era 4G Lahirkan Gojek-Tokopedia, Di Era 5G akan Ada Teknologi Zero Touch

Kompas.tv - 28 Mei 2021, 11:35 WIB
era-4g-lahirkan-gojek-tokopedia-di-era-5g-akan-ada-teknologi-zero-touch
Keterangan harga paket internet 5G untuk pelanggan dengan modem Orbit, dalam acara peresmian layanan 5G Telkomsel di Jakarta, Kamis (27/5/2021) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Jaringan internet 5G yang kini sudah hadir di Indonesia, diprediksi akan menciptakan perusahaan teknologi baru yang mendorong ekonomi digital di tanah air.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, perusahaan-perusahan tersebut akan memberi solusi pada kebutuhan sehari-hari masyarakat, dengan cara yang belum ada sebelumnya.

“Sebelumnya kita tidak pernah membayangkan bahwa 4G bakal melahirkan perusahaan aplikasi besar seperti Gojek dan Tokopedia. Bayangan saya nanti akan ada perusahaan teknologi besar yang lahir dari 5G pada 5 atau 6 tahun ke depan,” kata Setyanto saat peluncuran layanan 5G Telkomsel di Jakarta, Kamis (27/05/2021).

Hal senada diungkapkan Direktur Network Telkomsel Nugroho. Menurutnya, pada era 5G akan lahir banyak aplikasi baru yang nantinya saling bersaing sehingga memunculkan sejumlah aplikasi terpilih.

Baca Juga: Cek Daftar Ponsel yang Bisa Akses Jaringan 5G Telkomsel

“Prinsipnya yang akan booming di 5G adalah remote control. 5G nanti akan mengoperasikan berbagai macam infrastruktur seperti kesehatan, pertambangan, manufaktur dan lain sebagainya, sehingga nantinya itu semua akan zero touch atau nonhuman,” terang Nugroho.

Sementara itu, Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio mengatakan, hadirnya 5G di Indonesia akan mengoptimalkan potensi ekonomi digital dalam negeri. Nilainya mencapai 150 miliar dollar AS pada 2025. Peluang itu bisa diraih Indonesia bisa memanfaatkan 5G dengan baik.

“Jangan kita hanya jadi pasar komputasi awan, pasar teknologi saja. Tetapi bagaimana kita bisa memanfaatkan,” tandasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x