Kompas TV bisnis perbankan

Bank Mandiri jadi Bank dengan Aset Terbesar, Geser BRI yang Juara Selama 4 Tahun

Kompas.tv - 27 Mei 2021, 18:15 WIB
bank-mandiri-jadi-bank-dengan-aset-terbesar-geser-bri-yang-juara-selama-4-tahun
Ilustrasi layanan Bank Mandiri (Sumber: KONTAN/Carolus Agus Waluyo)
Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bank Mandiri kini menjadi bank dengan aset terbesar di Indonesia. Bank Mandiri menggeser posisi bank BUMN lainnya, BRI, yang menempati posisi itu selama 4 tahun berturut-turut.

Membaiknya aset Mandiri sebagai dampak dari bergabungnya Bank Syariah Mandiri menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI), bersama BRI Syariah dan BNI Syariah. Pasalnya, Bank Mandiri merupakan pemegang saham terbesar di BSI.

Hingga akhir Maret 2021, jumlah aset Mandiri tercatat sebesar Rp1.584,1 triliun. Naik 20 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Sedangkan aset BRI sebesar Rp1.411,05 triliun, tumbuh 3,83 persen dibanding posisi akhir Maret 2020.

Aset BRI memang masih bisa naik lagi jika BRI sudah resmi menjadi induk dari BUMN ultra mikro, membawahi Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM). 

Baca Juga: Cek Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Lama BRI, BNI, BCA, Mandiri, Permata

Di mana Pegadaian memiliki aset sebesar Rp22 triliun per akhir 2020 dan aset PNM sebesar Rp31,66 triliun. Namun, jumlah itu tidak cukup untuk mengejar aset Mandiri. Selisih aset Mandiri dengan BRI sebesar Rp173 triliun.

Kenaikan aset yang signifikan juga dicatatkan oleh PT Bank OCBC NISP Tbk, sebesar 8,5 persen di kuartal-I 2021 jika dibanding periode yang sama tahun lalu. Dengan capaian itu, Bank OCBC NISP berada di peringkat 10, kini berada di peringkat 7.

Dengan begitu, posisi 10 besar bank dengan aset terbesar di Indonesia per Maret 2021 adalah Bank Mandiri, BRI, BCA, BNI, BTN, CIMB Niaga, OCBC NISP, Bank Panin, Bank Danamon dan BTPN. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x