Kompas TV bisnis perbankan

Cek Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Lama BRI, BNI, BCA, Mandiri, Permata

Kompas.tv - 25 Mei 2021, 11:05 WIB
cek-jadwal-pemblokiran-kartu-atm-lama-bri-bni-bca-mandiri-permata
Ilustrasi kartu ATM chip kredit debit bank (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bagi Anda yang masih menggunakan kartu ATM tipe lama atau kartu dengan strip magnetis hitam, segeralah menggantinya dengan kartu ATM menggunakan chip.

Lantaran, perbankan mempunyai batas waktu penggantian kartu ATM. Jika sampai batas waktu yang ditentukan nasabah belum menggantinya, maka kartu tersebut akan diblokir.

Aturan ini mengacu pada Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia.

BI menargetkan hingga akhir tahun ini, semua nasabah bank telah menggunakan kartu ATM dengan chip. Tujuannya, untuk meminimalisir potensi nasabah menjadi korban kejahatan skimming.

Baca Juga: Kasus Nasabah Kehilangan Rp128 Juta, BPKN: Korban Bisa Tuntut Pihak Bank

Skimming adalah tindakan pencurian data kartu ATM dengan cara menyalin, yakni membaca dan menyimpan informasi yang terdapat pada strip magnetis kartu secara ilegal.

Strip magnetis adalah garis lebar hitam yang berada di bagian belakang kartu ATM. Hampir semua bank seperti BRI, BCA, Mandiri, hingga BNI saat ini banyak menggunakan tipe kartu ATM ini.

Garis lebar hitam itu berfungsi seperti pita kaset yang menyimpan data nomor kartu, masa berlaku, dan nama nasabah.

Berikut adalah jadwal pemblokiran kartu sejumlah bank:

Baca Juga: Viral! Aksi Satpam Kejar Perampok Bank, Ternyata Pelaku Belajar dari YouTube



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x