Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Harapan Driver Usai Gojek-Tokopedia Merger: Bonus, Insentif, dan Tarif Pengiriman Ditingkatkan

Kompas.tv - 19 Mei 2021, 14:46 WIB
harapan-driver-usai-gojek-tokopedia-merger-bonus-insentif-dan-tarif-pengiriman-ditingkatkan
Ilustrasi Layanan GoTo, hasil merger Gojek dan Tokopedia (Sumber: Instagram @liamtanu)
Penulis : Dina Karina | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV- Asosiasi pengemudi ojek online menyambut baik bergabungnya Gojek dengan Tokopedia. Mereka pun berharap meningkatnya nilai perusahaan setelah merger, juga berdampak positif terhadap penghasilan mitra pengemudi.

"Kami sebagai asosiasi pegemudi ojek online memandang penggabungan platform transportasi on demand dan e-commerce ini sangat baik. Karena ini dua platform yang berbeda sehingga bisa saling melengkapi," kata Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (19/05/2021).

Baca Juga: Jika IPO, Kapitalisasi Pasar GoTo Jadi Terbesar Ke-7 di BEI

Igun berharap, para pengemudi Gojek bisa lebih sejahtera setelah adanya merger. Salah satu caranya dengan adalah dengan meningkatkan bonus dan insentif mitra pengemudi.

"Kami sangat berharap dan tekankan agar perusahaan baru ini harus memperhatikan kesejahteraan para mitra pengemudi ojol. Jadi seperti bonus dan insentif, itu harus dinaikkan, harus lebih besar dari sebelumnya," ujar Igun.

Mitra pengemudi Gojek juga berharap tarif pengiriman barang ditingkatkan. Lantaran pengiriman barang Tokopedia kini akan menggunakan jasa Gojek.

Baca Juga: Gojek-Tokopedia Merger, CEO GoTo Klaim Penghasilan Driver akan Lebih Besar

"Tarif kiriman barangnya harus ditingkatkan, diperbaiki dengan adanya perusahaan digital yang baru ini. Jadi dengan perusahaan semakin tinggi valuasinya, driver-nya juga harus dijadikan semakin tinggi kesejahteraannya," tuturnya.

Peningkatan penghasilan driver Gojek sudah pernah disebut oleh CEO GoTo, Andre Soelistyo. Menurut Andre, penggabungan antara platform berstatus decacorn (Gojek) dan unicorn (Tokopedia) akan memberikan layanan pengiriman cepat dengan jangkauan luas untuk berbagai layanan digital.

Baca Juga: Tokopedia Merger dengan Gojek, Gopay Geser OVO di Tokopedia?

Selain untuk konsumen, Andre menilai hal tersebut juga akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para mitra, termasuk driver ojek online Gojek ataupun mitra usaha (merchant) Tokopedia.

"Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya," kata Andre dalam keterangan tertulis, Senin (17/05/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x