Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Punya Kartu Kredit Bukannya Untung Malah Bikin Buntung? Coba Tips dari Perencana Keuangan Ini

Kompas.tv - 1 April 2021, 18:46 WIB
punya-kartu-kredit-bukannya-untung-malah-bikin-buntung-coba-tips-dari-perencana-keuangan-ini
Kartu Kredit Visa (Sumber: AP Photo)
Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kartu kredit menjadi produk keuangan yang saat ini sudah lumrah dimiliki banyak orang. Meski banyak juga yang menyarankan agar tidak perlu mempunyai kartu kredit, karena bisa membuat pemiliknya terlilit utang yang tak kunjung selesai.

Padahal, jika mampu disiplin dalam menggunakannya, kartu kredit bisa mempermudah hidup Anda. Misalnya ketika travelling ke luar negeri, memesan hotel, dan memesan tiket transportasi.

Penggunaan kartu kredit juga bisa mempermudah perjalanan usaha atau bisnis. Jadi, semua tergantung tujuan dan kebutuhannya.

Baca Juga: Waspadai Bocor Halus Keuanganmu dengan Tips dari Prita Ghozie

Perencana Keuangan Aidil Akbar pun mempunyai tips yang bisa dicoba, agar kartu kredit bisa memberikan manfaat optimal bagi pemiliknya. Berikut tipsnya:

1. Gunakan kartu kredit sebagai alat bantu bayar, bukan alat bantu belanja

Ketika kamu punya rencana beli handphone atau laptop dan barang lainnya yang memang secara nominal cukup besar, cara praktis untuk membantu pembayaran kamu adalah dengan kartu kredit bisa lewat online atau gesek di tempatnya. 

Hal yang perlu diingat adalah Anda sudah mempunyai bujet untuk melunasi tagihan kartu kredit itu sesuai dengan jumlah yang dikeluarkan. Lunasi tagihan sekaligus, jangan hanya membayar jumlah minimum.

Baca Juga: Punya Dompet Digital Malah Bikin Boncos? Simak Tips Mengaturnya

Sehingga fungsi kartu kredit sebagai alat bantu bayar pun terpenuhi. Sekali lagi, dengan mempunyai kartu kredit, bukan berarti jumlah uang Anda bertambah ya.

2. Pilih jenis dan penerbit kartu sesuai dengan kebutuhan Anda

Misalnya pilih limit kartu kredit yang sesuai dengan penghasilan dan daya bayar anda. Sehingga anda tidak kebingungan saat harus membayar tagihan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x