Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Punya Dompet Digital Malah Bikin Boncos? Simak Tips Mengaturnya

Kompas.tv - 26 Maret 2021, 16:27 WIB
punya-dompet-digital-malah-bikin-boncos-simak-tips-mengaturnya
Ilustrasi penggunaan dompet digital (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV- Transaksi keuangan di zaman sekarang semakin mudah dengan kehadiran dompet digital atau e-wallet. Dengan dompet digital, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai bahkan kartu ATM saat berbelanja, makan di restoran, atau bahkan saat berwisata.

Kehadiran dompet digital juga semakin mempermudah saat pembatasan aktivitas berlaku saat pandemi. Saat bekerja atau sekolah dari rumah, masyarakat tetap bisa membeli kebutuhan sehari-hari dengan membayar dompet digital.

Namun, menggunakan dompet digital harus hati-hati karena sifatnya yang mudah bisa membuat kantong bolong. Yang perlu dipahami, kehadiran dompet digital seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja dan yang lainnya, bukan berarti uang anda bertambah.

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Dukung Bayar SPP Pakai GoPay

Jumlah uang yang Anda miliki tidak bertambah, hanya bentuknya saja yang berubah menjadi saldo di dompet digital.

Berikut tips yang bisa diterapkan agar bisa tetap hemat menggunakan dompet digital:

1. Gunakan saat butuh

Terdengar sederhana tapi mungkin inilah tahapan yang paling sulit. Sejak awal, Anda harus menetapkan tujuan mempunyai dompet digital. Misal untuk membayar transportasi online, berbelanja di marketplace, atau membayar berbagai tagihan bulanan.

Misalkan dompet digital hanya untuk membayar ongkos transportasi saat bekerja. Maka saldo yang diisi hanya disesuaikan dengan kebutuhan tersebut selama sebulan.

Sehingga jika ada keperluan diluar tujuan awal, Anda bisa menggunakan sarana pembayaran lain.

Baca Juga: Grab Belum Tertarik Membuat Dompet Digital

2. Jangan memiliki lebih dari satu dompet digital

Dengan memiliki 1 dompet digital, akan lebih mudah mengatur berapa uang yang sudah dikeluarkan. Jika memiliki lebih dari 1 atau bahkan berapa dompet digital, Anda akan merasa punya banyak uang.

3. Promo tak selalu hemat

Salah satu yang menarik dari dompet digital adalah kehadiran promo, baik dari pihak e-wallet maupun mitra mereka. Selama pembelian dilakukan sesuai dengan kebutuhan, promo bisa digunakan dan membuat Anda berhemat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x