Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Bitcoin Naik Terus, Ethereum Juga Catat Rekor Harga Tertinggi

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 17:22 WIB
bitcoin-naik-terus-ethereum-juga-catat-rekor-harga-tertinggi
Ilustrasi koin Ethereum (Sumber: Unsplash.com / Nick Chong)
Penulis : Rizky L Pratama

NEW YORK, KOMPAS.TV – Mata uang kripto terbesar kedua di dunia, Ethereum sempat mencatatkan rekor harga tertinggi pada perdagangan hari ini, Kamis (18/2/2021).

Dilansir dari Ethereum.org, Ethereum adalah blockchain terkemuka di dunia yang dapat diprogram dan didirikan pada tahun 2015.

Baca Juga: Tesla Borong Bitcoin Rp 21 Triliun, Harga Bitcoin Langsung Capai Rekor Tertinggi

Seperti blockchain pada umumnya, Ethereum memiliki cryptocurrency-nya sendiri yang disebut ether (ETH).

ETH adalah uang digital sama seperti Bitcoin. Ethereum murni digital, dan dapat dikirimkan kepada setiap orang di manapun di dunia secara instan. Suplai dari ETH tidak di kontrol oleh pemerintah atau perusahaan apapun - suplainya terdesentralisasi, dengan jumlah yang terbatas.

Orang-orang di dunia menggunakan ETH untuk melakukan pembayaran, sebagai penyimpanan nilai, atau sebagai agunan.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Bitcoin Tidak Bisa Jadi Alat Pembayaran di Indonesia

Tetapi tidak seperti Blockchain lain, Ethereum dapat melakukan lebih banyak lagi. Ethereum dapat diprogram, dalam artian setiap developer dapat menggunakannya untuk membangun aplikasi-aplikasi jenis baru.

Saat ini ada perkembangan terkait dengan ethereum, di mana terjadi pembaruan jaringan ethereum 2.0. Dengan demikian, diharapkan bisa membantu ethereum dan koin ether menjadi lebih besar.

Selain itu, bursa derivatif CME (Chicago Mercantile Exchange) meluncurkan ether futures, yang berpotensi membuka pintu bagi lebih banyak investor institusional untuk turut serta dalam aksi peluncuran jaringan tersebut.

Baca Juga: Cetak Rekor Tertinggi, Kini Harga Bitcoin Capai Rp 700 Juta

Cetak Rekor Harga Tertinggi

Merujuk data CoinDesk yang dilansir dari CNBC, harga 1 ethereum sempat menyentuh 1.918,52 dollar AS atau sekitar Rp 26,85 juta. Saat ini, harga ethereum berada di kisaran 1.888,96 dollar AS.

Nilai tersebut naik 4,57 persen bila dibandingkan dengan harga perdagangan sehari sebelumnya.

Secara year to date, harga ether telah meroket hingga 160 persen. Jauh lebih tinggi, bila dibandingkan dengan bitcoin yang sejak awal tahun meningkat 78 persen.

Baca Juga: Ada 1,14 Juta Jumlah Pengguna Platform Bitcoin di Indonesia

Namun demikian, dorongan dari lonjakan harga bitcoinlah yang juga membuat harga ethereum meningkat dalam setahun terakhir.

Terkini, harga bitcoin diperdagangkan di kisaran 52.493 dollar AS atau sekitar Rp 734,9 juta (kurs Rp 14.000) per keping.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x