Kompas TV internasional kompas dunia

Tesla Borong Bitcoin Rp 21 Triliun, Harga Bitcoin Langsung Capai Rekor Tertinggi

Kompas.tv - 9 Februari 2021, 09:59 WIB
tesla-borong-bitcoin-rp-21-triliun-harga-bitcoin-langsung-capai-rekor-tertinggi
Ilustrasi Bitcoin (Sumber: Novikov Aleksey/Shutterstock)
Penulis : Rizky L Pratama

NEW YORK, KOMPAS.TV - Perusahaan mobil listrik, Tesla yang dipimpim salah satu orang terkaya di dunia Elon Musk pada Senin (8/2/2021) waktu Amerika Serikat mengumumkan telah membeli bitcoin sebesar 1,5 miliar dollar AS atau Rp 21 triliun.

Pembelian yang dilakukan Tesla tersebut mendorong harga bitcoin menyentuh angka 44.200 dollar AS atau Rp 618,8 juta. Harga tersebut menjadi rekor harga tertinggi Bitcoin, naik 300 % dari tahun lalu.

Baca Juga: Aparat Jerman Sita 1.700 Bitcoin Tapi Tidak Punya Password dan Gagal Meretasnya. Lalu Bagaimana?

Dilansir dari Guardian, dalam sebuah dokumen yang diajukan Tesla kepada Komisi Sekuritas dan Perdagangan (SEC), perusahaan mengatakan telah membei bitcoin untuk melakukan diversifikasi dan membuat aset perusahaan lebih fleksibel.

Di dalam dokumen yang diajukan ke SEC tersebut, Tesla pun memberi peringatan kepada investor mengenai volatilitas dari bitcoin.

Selain itu, perusahaan juga mengatakan pembelian mata uang kripto tersebut dilakukan untuk memaksimalkan imbal hasil uang tunai yang mereka miliki.

Baca Juga: Lupa Password, Seorang Pemuda Kehilangan Bitcoin Senilai Rp 3,1 Triliun

Tesla pun mengatakan, perusahaan juga mulai menerima pembayaran dan transaksi dengan bitcoin untuk produk mereka. Namun demikian, hal itu hanya dilakukan untuk produk-produk tertentu.

Bitcoin senilai Rp 21 triliun yang perusahaan miliki akan memberikan likuiditas bila Tesla mulai menerima pembayaran dengan mata uang kripto.

"Selain itu, kami berharap untuk mulai menerima bitcoin sebagai bentuk pembayaran untuk produk kami dalam waktu dekat, tunduk pada hukum yang berlaku dan awalnya secara terbatas, yang mungkin atau mungkin tidak kami likuidasi setelah diterima."



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x