Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kini Ada Logol, Marketplace Logistik Online yang Memudahkan Para Eksportir dan Importir

Kompas.tv - 14 Desember 2020, 23:39 WIB
kini-ada-logol-marketplace-logistik-online-yang-memudahkan-para-eksportir-dan-importir
Ilustrasi ekspor impor (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pesan ojek atau taksi secara online sudah menjadi hal yang umum di era teknologi terkini.

Namun, apakah Anda sudah tahu bahwa pemesanan truk peti kemas dan kargo kapal saat ini bisa online juga?

Baca Juga: WAMENDES Tinjau Kebun Manggis Sebagai Pengekspor

Adalah Logol sebuah platform logistik digital yang ditujukan kepada para pelaku usaha yang bergerak dalam kegiatan ekspor dan impor untuk melakukan pemesanan truk dan kargo kapal secara daring.

Teknologi terbaru yang dimotori oleh PT Logol Jakarta Mitraindo atau Logol telah resmi ditunjuk pemerintah menjadi mitra platform digital.

Hal ini untuk pencarian truk dan penerbitan dokumen eSP2 untuk mendukung program Ekosistem Logistik Nasional (National Logistics Ecosystem/NLE).

Dalam webinar bertajuk "Efisiensi Logistik Berbasis Teknologi Informasi", Jumat (11/12/2020), saat ini, tercatat sudah ada lebih dari 5.000 perusahaan yang memanfaatkan teknologi yang dikembangkan oleh Logol. 

David Trisno, Chief Commercial Officer Logol, yang menjadi narasumber menjelaskan, Logol merupakan marketplace pertama di Indonesia yang memungkinkan manufaktur, distributor, UMKM, dan pelaku usaha lainnya memesan layanan pengiriman barang secara online melalui jalur darat dan laut. 

Tak hanya itu, kemudahan pengurusan dokumen ekspor-impor secara elektronik pun menjadi unggulannya. 

"Ini adalah digital marketplace untuk logistik. Tujuannya untuk menekan biaya logistik yang lebih murah dibanding dengan sebelumnya," ujarnya.

Ada tiga fitur utama dalam Logol, yaitu pemesanan truk, layanan kargo kapal untuk kebutuhan ekspor dan impor, serta Software as Service (SAAS).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x