Kompas TV regional berita daerah

OTG Positif Covid 19 di Aceh Tinggi

Kompas.tv - 6 Agustus 2020, 19:22 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV- Tim gugus tugas percepatan penanganan covid 19 pemerintahan Aceh memantau adanya lonjakan pasien covid 19 yang sangat cepat.

Penambahan jumlah kasus positif covid 19 di Aceh hingga kamarin (05/08/20) telah mencapai 483 orang. Mereka umumnya orang tanpa gejala atau OTG. Mereka ditemukan dari hasil tracking yang dilakukan gugus tugas kepada orang terdekat pasien positif covid 19.

Baca Juga: ASN Diwajibkan Pakai Masker dan Face Shield

Juru bicara tim gugus tugas covid 19, Saifullah Abdul Gani menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan tracking untuk memastikan adanya penambahan kasus positif di seluruh wilayah kabupaten kota di Aceh.

Dia juga menambahkan, umumnya mereka merupakan orang tanpa gejala atau OTG, termasuk membentuk kluster kluster baru penyebaran covid 19 di Aceh.

“Kebanyakan pasien covid 19 di Aceh umumnya tidak mendapati gejala atau orang tanpa gejala (OTG),” Ungkap Saifullah.

Dari data tim gugus tugas, sedikitnya 483 orang positif corona di Aceh. Sembuh sebanyak 121 orang, dalam perawatan di rumah sakit rujukan baik di provinsi maupun di kabupaten kota berjumlah 324 orang, dan diantara mereka saat ini menjalani isolasi mandiri.

Sedangkan pasien positif covid yang meninggal mencapai 18 orang terutama pasien usia lanjut dan memilki penyakit penyerta.

Sedangkan kasus positif terbanyak saat ini masih terjadi di Banda Aceh yaitu 143 kasus, Aceh Besar 90 kasus dan Aceh Tamiang 44 kasus. Sedangkan Pidie Jaya dan Singkil hingga kini masih nihil kasus covid 19.

Saifullah juga menambahkan bahwa semua pihak harus mengacu pada protokol komunikasi covid 19 dalam hal menyebarkan informasi terkait pasien covid 19. Misalnya gugus tugas tidak mempublikasikan kasus personal. Hal ini menjawab terkait beredarnya informasi keluarga mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf positif corona.

#aceh #covid19meningkat #covid19diaceh



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x