Kompas TV regional peristiwa

2 Kamerawan Youtuber Edo Putra Masuk DPO

Kompas.tv - 3 Agustus 2020, 19:28 WIB
2-kamerawan-youtuber-edo-putra-masuk-dpo
Youtuber prank sampah kembali viral (Sumber: Youtube)

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Dua orang kamerawan yang membantu Youtuber Edo Putra melakukan prank daging kurban isi sampah beberapa waktu lalu, masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polrestabes Palembang.

Keduanya kamerawan tersebut bernama, Hadi Jaya Karim dan Istiqomah.

"Dua orang kamerawan ini kita tetapkan DPO karena mereka terlibat dalam pembuatan video prank tersebut," kata Kapolrestabes Palembang Kombes Anom Setiyadji saat gelar perkara, dikutip dari Kompas.com, Senin (3/8/2020).

Menurut Anom, dalam pembuatan video prank sampah tersebut, terdapat ada empat orang yang terlibat. Yakni Edo Putra sebagai pemilik akun Youtube, rekannya yang bernama Diky Firdaus, dan dua kamerawan.

Baca Juga: Viral Youtuber Edo Putra, Ibu-Ibu Di-prank Daging Qurban Isi Sampah

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kata Anom, pembuatan video prank sampah itu bermotif untuk meningkatkan subscriber channel Edo Putra Official. 

Menurut Anom, cara Edo meningkatkan subcriber dengan melakukan prank seperti itu adalah salah. Karena itu membuat kegaduhan di masyarakat.

"Dalam pembuatan konten tersebut, korbannya adalah orangtua pelaku sendiri. Ini sudah di-setting tersangka. Akunnya juga kita sita," ujarnya. 

Anom mengimbau masyarakat untuk berhati-hati menggunakan media sosial, serta membuat konten yang mendidik. 

"Ini jadi untuk pengalaman dan pembelajaran bermedsos yang baik. Ketika memproduksi menyiarkan konten tentu dinikmati khalayak umum," ungkapnya.

Baca Juga: Viral Pria Tua Minum Darah Sapi Kurban di Garut, Polisi: Depresi Ditinggal Istri

Kemarin, Polrestabes Palembang telah menangkap Edo akibat prank di channel YouTube miliknya.

Konten video berjudul "PRANK BAGI BAGI DAGING KE EMAK-EMAK ISINYA SAMPAH" itu berdurasi 11 menit 56 detik. Dalam video tersebut Edo membagikan kantong plastik yang disebut adalah daging kepada dua ibu-ibu.

Tampak kedua wanita tersebut gembira dan berterima kasih terhadap bingkisan yang diberikan. "Senang lah dapat rezeki," ujar salah satu korban.

Namun, Edo meminta agar bingkisan dibuka setelah dia pergi. Setelah beberapa saat Edo meninggalkan korban, tampak korban membuka bingkisan dan terkejut bahwa yang didapat bukan daging melainkan sampah.

Edo kemudian kembali mendatangi dua korbannya dan meminta maaf. YouTuber tersebut kemudian memberikan uang Rp500.000 untuk masing-masing korbannya.

"Maaf ya, Bu, cuma prank. Ini uang Rp500.000 untuk beli daging ya, Bu," ujar Edo.
 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.