Kompas TV nasional berita kompas tv

Inovatif! Pengambilan Daging Kurban dengan Scan e-KTP

Senin, 3 Agustus 2020 | 19:16 WIB

TEGAL, KOMPAS.TV - Untuk mencegah kericuhan dalam pengambilan daging kurban, panitia kurban di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, memanfaatkan teknologi, dengan memindai KTP elektronik warga, sebagai syarat mendaftar dan mengambil daging.

Panitia Kurban Mushala Khoirul Ummah, di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, memanfaatkan teknologi, untuk memudahkan dalam proses pembagian daging kurban.

Jika biasanya, panitia membagikan kupon kurban kepada setiap warga, namun kini, kupon dihilangkan, namun diganti dengan memindai KTP elektronik milik warga.

Calon penerima daging kurban harus mendaftartan diri dengan cara memindai KTP elektronik pada perangkat yang terhubung dengan komputer.

Menunggu proses pemotongan hewan kurban selesai, calon penerima, kemudian, bisa pulang ke rumah masing masing tanpa harus menunggu di area penyembelihan.

Sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

Kemudian saat proses pengambilan, calon penerima daging, kembali diharuskan untuk memindai ktp elektronik ke perangkat yang disediakan.

Jika KTP elektronik yang ditempel sebelumnya tidak terdaftar maka perangkat akan memberi tanda bunyi.

Pembagian daging kurban dengan memanfaatkan ktp elektronik ini , dapat memudahkan kerja panitia, dan terpenting menghindari kericuhan serta penggandaan kupon saat pembagian terjadi.

Warga pun lebih tenang, karena tidak perlu bergerombol datang, karena takut kehabisan.

Tahun ini, Mushala Khoirul Ummah menerima hewan kurban sebanyak tiga ekor sapi dan delapan ekor kambing .

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:47
WEBINAR NARASI BRAND BERSAMA TARRENCE PALAR DAN HANDOKO HENDROYONO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!    BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL    KEPALA PENERANGAN KOGABWILHAN III SEBUT AKSI KKB DI PAPUA KARENA INGIN CARI PERHATIAN DUNIA JELANG SIDANG PBB   MANCHESTER UNITED KALAH 1-3 DARI CRYSTAL PALACE PADA LAGA LIGA INGGRIS DI STADION OLD TRAFFORD   MALAM INI, TIMNAS INDONESIA U-19 HADAPI TIMNAS QATAR U-19 DI STADION SRC MLADOST, KROASIA    DUBES RI UNTUK AMERIKA SERIKAT M LUTFI BERKOMITMEN MEMAJUKAN KERJA SAMA INDONESIA-AS DALAM MENANGGULANGI COVID-19   KBRI MOSKWA PROMOSIKAN PARIWISATA INDONESIA SAAT KUNJUNGAN KERJA KE PROVINSI SAMARA, RUSIA   TIONGKOK KECEWA ATAS KEPUTUSAN AMERIKA SERIKAT YANG LARANG APLIKASI TIKTOK DAN WECHAT   PRAMONO UBAID TANTHOWI: KPU MENGAPRESIASI KEINGINAN PEMERINTAH UNTUK MENGELUARKAN PERPPU PILKADA 2020   KEPALA BAPPILU PARTAI DEMOKRAT ANDI ARIEF SEBUT PARTAINYA TERIMA KEPUTUSAN PEMERINTAH JIKA PILKADA 2020 DITUNDA   KPU SUMBAR MINTA MASYARAKAT BERPARTISIPASI AKTIF DALAM MEMASTIKAN DATA SEBAGAI PEMILIH DI PILKADA 2020   KPU KABUPATEN SUMENEP, JATIM, UMUMKAN JUMLAH DAFTAR PEMILIH SEMENTARA UNTUK PILKADA SEBANYAK 823.543 ORANG   BNN SIAP MEMBANTU DALAM PENCARIAN TERPIDANA WARGA NEGARA TIONGKOK CAI CHANGPAN YANG KABUR DARI LAPAS TANGERANG   TERPIDANA WARGA NEGARA TIONGKOK CAI CHANGPAN KABUR LEWAT GALIAN LUBANG YANG DIBUAT DI DALAM SEL